by

Gubernur Jateng Ingatkan Perjuangan Lawan Covid-19 Harus Dilandasi Rasa Peduli

SEMARANG, Bratapos.com – Menjelang HUT ke-70 Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Jumat (14/8/2020). Pada kesempatan itu, ia mengingatkan perjuangan melawan Covid-19 perlu dilandasi rasa kepedulian.

“Dulu perang melawan penjajah. Sekarang melawan Covid-19. Butuh kekompakan, strategi dan partisipasi dari masyarakat. Kita butuh kekuatan bersama untuk menjaga kesehatan dan hubungan sosial, peduli sesama,” ujarnya, seusai berziarah.

Ganjar mengatakan, kepedulian berasal dari sesuatu yang sederhana. Di antaranya silaturahmi dan saling menyapa. Dengan cara demikian, Ganjar berharap nilai-nilai kepahlawanan tetap melekat, meskipun dengan bentuk yang berbeda.

Bentuk nyata kepedulian, dapat diwujudkan dengan saling bantu antar tetangga atau bergotong-royong. Selain bentuk kepedulian sosial, perlu juga menanamkan kepedulian ekonomi, agar bisa lekas pulih.

“Peduli itu mungkin sama anak yang kesulitan kuota, kesulitan belajar. Itu (bentuk) kepedulian yang sederhana-sederhana saja. Ora kesusu (tidak terburu-buru), seperti orang di traffic light suk-sukan trabas-trabasan (berdesakan, menerabas), (jadi) cilaka. Sekarang peduli dengan kesabaran, kekompakan bersama lawan Covid-19,” ungkap Ganjar.

Pada acara ziarah makam tersebut, Ganjar menaburkan bunga pada pusara Muhammad Ismail yang pernah menjabat Gubernur Jateng pada 1983 hingga 1993. Semoga masyarakat Jawa Tengah selalu mengingat leluhur dan pahlawan. Besok Sabtu (15/8/2020) kita peringati hari lahir Jateng. Beberapa hari kemudian kita peringati Hari Lahir Indonesia. Mudah-mudahan selalu mengerti bagaimana Jateng lahir bagaimana Indonesia lahir. Bagaimana perjuangan pahlawan diberikan, sehingga kita semua bisa membawa nilai perjuangan yang dimiliki,” pungkas Ganjar.

Reporter: Imam
Editor/Publisher: Arta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

REKOMENDASI UNTUK ANDA