oleh

Program Polisi Rindu Masyarakat, Polres Tanjung Balai Berikan Layanan Terbaik

Artikel

Kelahiran suatu program bukanlah datang dari hukum yang diciptakan oleh aturan dan undang-undang tapi kelahiran suatu program berdasarkan atas kesadaran akan keinginan untuk perubahan terbaik dari suatu daerah atau kota itu sendiri. Sesuai yang terlihat bahwa program yang diciptakan oleh Kepolisian dengan sebutan Polisi Rindu Masyarakat bukanlah hanya kata dan ucapan semata, melainkan sudah menjadi kesadaran kita bersama atas hak dan kewajiban bagi masyarakat untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dari suatu daerah atau kota itu sendiri.

Seperti yang terlihat ditengah masyarakat bahwa konsekuensi logika yang tercipta dipaparkan dari dalam Program Polisi Rindu Masyarakat yang di gaungkan oleh Polres Tanjung Balai di bawah pimpinan AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K.,M.H, bukan hanya sekedar kata semata untuk mempengaruhi bagaimana masyarakat bisa mengalami perubahan akibat dari program dan kebiasaan itu sendiri, namun lebih menitik beratkan untuk mempermudah kehidupan bermasyarakat dan bersosialisasi serta menjalankan program secara nasional dalam bermasyarakat dan berbangsa dalam keragaman Bhineka Tungga Ika.

Kepolisian yang Profesional Modern dan Terpercaya merupakan modal awal yang besar dalam menerapkan kesuksesan program Polisi Rindu Masyarakat. Terlihat jelas dari Polres Tanjung Balai yang terus bekerja keras tanpa kenal lelah demi terwujudnya masyarakat yang kondusif, stabilitas terjaga dan aman damai dalam keragaman. Seperti halnya banyak para tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh pemuda yang mensupport untuk memberikan apresiasi kepada Kapolres Tanjung Balai, bahkan ada tokoh agama dan tokoh masyarakat yang memberi julukan dengan sebutan “The Pioneer Of The City”, dinyatakan oleh Buya Gustami, S.Sos.I.,M.M.Pd selaku pimpinan Pimpinan Daerah Alwasliyah Kota Tanjung Balai.

Namun yang perlu diketahui oleh masyarakat bahwasanya Program Polisi Rindu Masyarakat ini sudah berjalan dengan sangat baik. Melihat dan menilai kinerja Polres Tanjung Balai yang selalu tampil di depan pada setiap hal persoalan yang terjadi baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan maupun Perkotaan. Dalam setiap langkah yang dilakukan oleh Polres Tanjung Balai baik dari segi sosial, agama, kemasyarakatan, hukum dan kriminal selalu berjalan baik tanpa ada halangan sedikit pun. Kembali kedasar persoalan hal ini merupakan sebuah harapan yang sengaja diciptakan untuk masyarakat Tanjung Balai yaitu melalui Program Polisi Rindu Masyarakat.

Ditinjau dari segi sosial, Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K.,M.H beserta jajarannya sudah menyuguhkan bukti di tengah masyarakat dengan melakukan Program Polisi Rindu Masyarakat melalui Bhabinkamtibmas pada setiap Kelurahan serta meninjau dan memberi bantuan kepada masyarakat Kota Tanjung Balai yang belum terealisasi dan jauh dari kata layak. Bukan hanya itu saja, mengingat dari setiap pengaduan masyarakat atau Dumas ke Polres Tanjung Balai terkait kemaslahatan Sosial masyarakat yang langsung ditanggapi dan tidak tebang pilih. Dimana demi terciptanya Khamtibmas yang kondusif, stabil dan berkeadilan makanya Kapolres Kota Tanjung Balai AKBP Putu Yudha beserta jajarannya langsung turun meninjau ke lokasi.

Karakter Kapolres seperti inilah yang sangat diharapkan oleh masyarakat Kota Tanjung Balai yang juga sangat merindukan polisi Profesional Modern dan Terpercaya. Maka daripada itu para tokoh masyarakat, pemerintah, tokoh pemuda dan tokoh agama mengapresiasi Polres Tanjung Balai atas kinerja dari Kepolisian yang menyematkan Program Polisi Rindu Masyarakat.

Bukan hanya soal sosial kemasyarakatan dan kamtibmas, Polres Tanjung Balai juga memberikan rasa aman dan nyaman di tingkat pengendara balap liar dan knalpot blong yang sering meresahkan masyarakat serta mempersempit ruang gerak bagi kejahatan jalanan demi terciptanya Kamseltibcar dan hal itu sungguh menakjubkan hingga sangat diberikan apresiasi oleh masyarakat pengguna jalan di Kota Tanjung Balai dan hal tersebut bukan menimbulkan kerugian dimasyarakat melainkan keuntungan besar dengan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik terhadap masyarakat maupun pelaku balap liar itu sendiri. Kemudian Polres Tanjung Balai melalui Kasat Lantasnya beserta personil tidak bosan dan jemu melakukan hal yang terbaik untuk masyarakat, bahkan Polres Tanjung Balai bekerja reaksi cepat dan tanggap sesuai dengan Standard Operasional Prosedur dari Kepolisian Republik Indonesia.

Terhadap tingkat kriminal yang tak kunjung habis di wilayah hukum Polres Tanjung Balai, Polres Tanjung Balai menciptakan Tim dengan sebutan Tim Sus Gurita, kembali terlihat dengan nyata Tim Sus Gurita lagi lagi melaksanakan Program Polisi Rindu Masyarakat demi terwujudnya masyarakat kondusif dan jauh dari rasa takut, hal itu terbukti dengan banyaknya para penjahat yang berhasil diringkus bahkan sampai dihadiahi timah panas. Program Polisi Rindu Masyarakat benar benar ada dan nyata di wilayah hukum Polres Tanjung Balai, meskipun dilihat dari tingkat kejahatan di dunia Narkoba lagi lagi Polres Tanjung Balai melalui Sat Narkoba nya memberikan bukti nyata dengan membungkus para pengedar dan pengguna Narkoba yang sangat meresahkan masyarakat Kota Tanjung Balai, Sat Narkoba melalui unit 1 dan 2 nya terus bergegas jika mendapat dan mendengar laporan dari masyarakat yang layak dipercaya serta masyarakat yang resah akan peredaran gelap Narkoba.

Beberapa hal penting yang harus diketahui oleh masyarakat Kota Tanjung Balai dalam setiap Program Polisi Rindu Masyarakat, Kapolres meminta kepada masyarakat agar membantu Kepolisian dan bekerjasama dalam membangun keamanan di Kota Tanjung Balai agar lebih aman dan kondusif. Ditambah lagi pemberian bansos Polri kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak Virus Corona atau Covid 19 diwilayah hukum Polres Tanjung Balai terlaksana dan berjalan dengan baik.

Tak jemu jemu, Program Polisi Rindu Masyarakat ini terus digalakkan dengan melihat para Bhabinkhamtibnas di tiap tiap Polsek yang ada di Kecamatan dengan melaksanakan giat dan menyambangi masyarakat agar dalam kehidupan sehari hari selalu menaati protokol kesehatan guna mencegah peredaran wabah Virus Corona atau Covid 19.

Kapolres Kota Tanjung Balai melalui Bhabinkhamtibnas nya terus menyampaikan pesan kepada masyarakat baik secara surat pemberitahuan maupun tatap muka, ini merupakan sumber utama bagi Program Polisi Rindu Masyarakat dan regulasi yang dibuat oleh Kepolisian dan legislator dalam sistem yang telah di tetapkan. Masyarakat juga harus memiliki kepekaan dan wawasan yang baik untuk merespon apa apa yang telah di sampaikan Kepolisian melalui Bhabinkhamtibnas, karena menurut dari tiap persoalan yang ada sering terjadi di kalangan masyarakat ketidak tahuan dalam bersikap dan bertindak. Akan hal tersebut Program Polisi Rindu Masyarakat melalui Bhabinkhamtibnas harus dapat merubah mindset atau pola pikir masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dari perbuatan perbuatan yang tidak menyenangkan apalagi sampai ikut didalam hal yang tidak baik.

Bagaimanapun juga Program Polisi Rindu Masyarakat ini dibuat agar masyarakat bisa mengalami perubahan dan terlepas dari cara pikir ortodoks serta tidak melakukan perbuatan yang menyimpang seperti melawan hukum dan melanggar aturan serta peraturan. Hal mendasar secara baik dari Program Polisi Rindu Masyarakat sangat jadi penentu keberhasilan dan perubahan suatu daerah atau kota, semoga apa yang telah di lakukan Polres Tanjung Balai dibawah pimpinan AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K.,M.H dapat terlaksana dengan baik.

Penulis : Irwansyah Putra Sianipar
Kabiro : Bratapos Tanjung Balai
Artikel : Program Polisi Rindu Masyarakat
Anggota : Satuan Wartawan Polres Tanjung Balai

REKOMENDASI UNTUK ANDA