oleh

Jajaran Kodim 0116/Nagan Raya Sosialisasi Penerimaan Komcad TNI AD, Ini Syaratnya

Suka Makmue – bratapos.com. Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi sebagai Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD.

Komcad ini berfungsi memperkuat komponen utama yakni TNI AD untuk mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela.

Nantinya Komcad akan ditugaskan apabila negara dalam keadaan darurat sesuai dengan persetujuan Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pada Selasa (11/8/2020), Kodim 0116/Nara melaksanakan sosialisasi penerimaan Komcad. Kegiatan dilaksanakan di Aula masing masing Koramil/Posramil Jajaran Kodim 0116/Nara.

“Jadi bukan wajib militer. Tapi mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela,” kata Dandim 0116/Nara Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P,M.I,Pol, melalui Pasiter Kodim 0116/Nara, Kapten Arm Ainu Rokhman.

Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi sebagai Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD.

Komcad ini berfungsi memperkuat komponen utama yakni TNI AD untuk mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela.

Nantinya Komcad akan ditugaskan apabila negara dalam keadaan darurat sesuai dengan persetujuan Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Jadi bukan wajib militer. Tapi mengabdi dalam usaha pertahanan negara secara sukarela,” kata Pasiter Kodim 0116/Nara, Kapten Ainu.

Nantinya calon Komcad akan menjalani seleksi secara administrasi dan kompetensi.

Ainu menjelaskan, calon Komcad akan mengikuti tahapan pelaksanaan seleksi seperti materi Rikmin, materi Rikkes, materi jasmani, materi Litpers, teknik RIK psikologis serta pemberian nomor registrasi Komcad.

“Setelah lulus seleksi ada latihan dasar militer selama tiga bulan, setelah itu kemudian baru diangkat Komcad, setelah itu kembali ke profesi semula,” katanya.

Para Komcad sendiri dibatasi usia maksimal 58 tahun. Selama mengabdi para Komcad itu mendapat uang saku selama pendidikan, tunjangan operasional saat mobilisasi, rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dan penghargaan.

“Komcad dari unsur ASN, pekerja atau buruh selama aktif tetap bisa memperoleh hak ketenagakerjaan dan tidak menyebabkan putusnya hubungan kerja. Untuk mahasiswa, tetap memproleh hak akademisnya dan tidak menyebabkan hilangnya status sebagai peserta didik,” ungkapnya.

Untuk persyaratan calon Komcad TNI AD adalah :

A. Persyaratan Umum:

  • WNI
  • Usia Min. 18 s.d 21 tahun pada saat buka DIK (14 September 2020)
  • Tidak memiliki catatan kriminal
  • Sehat Jasmani dan rohani

B. Persyaratan Lain:

  • Laki-laki bukan anggota prajurit TNI/Polri
  • Berijazah minimal SD/sederajat
  • Bersedia dimobilisasi di seluruh wilayah Indonesia
  • Mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia (Min, Kes, Jas, Litpers, Psi).*

Reporter : Sabaruddin
Editor Publisher : Rizki Ardhio

REKOMENDASI UNTUK ANDA