by

Pemdes Soco Optimalkan DD 2020 Untuk Pembangunan Pavingisasi Jalan Pemukiman Warga

NGAWI, BrataPos.com – Kepala Desa Soco Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Sumadi yang didampingi oleh Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Bidang Infrastruktur Desa Tahun 2020 Saifudin dan Dwi Widodo pada saat dikonfirmasi Wartawan BrataPos.com mengatakan, kegiatan ini kami wujudkan sesuai Musrenbangdes musyawarah masyarakat tingkat Desa, yang diprioritaskan tentang jalan infrastruktur pavingisasi di Dusun Soco RT.06 RT.07 RT. 09.

Kepala Desa Soco, Sumadi mengatakan di lokasi, tentang yang bekerja atau yang mengerjakan proyek ini. Yang kerja ini warga setempat. Karena kita sesuai Petunjuk Teknis Padat Karya Tunai Tahun 2018.

“Pavingisasi ini telah selesai dan berjalan lancar dalam waktu 30 hari dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 23 orang. Anggaran sebesar sebesar Rp. 52.550.000,-. telah diberikan kepada pekerja oleh Ketua TPK Saifudin dan Dwi Widodo dengan ketentuan Mandor mendapatkan Rp 95.000,- / hari, Tukang mendapatkan 95.000,- / hari, sedangkan Pekerja Rp. 80.000,- / hari. Pavingisasi dengan panjang 290 meter ini menyerap anggaran total Rp157.307.100,- yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020,” tegasnya.

Salah satu warga yang terlibat dalam pembangunan ini, Susilo ketika diwawancarai di lokasi proyek mengatakan, saya sangat senang dan bersyukur dengan program ini, karena sebagai warga desa yang kurang mampu dan sulitnya ekonomi saat ini, sangat membantu saya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Upah diberikan langsung setelah pekerjaan selesai oleh Ketua TPK. Tak lupa saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Kades beserta Perangkat Desa, atas terwujudnya program ini,” ujar Susilo.

Apa harapan kedepan untuk warga Desa Soco, Kades mengatakan, harapan saya bersama-sama warga, tentunya berkomitmen untuk hidup rukun, damai, membangun kebersamaan, hidup bergotong royong untuk mewujudkan harapan kita menjadi desa yang tenteram, aman, damai, sejahtera menuju desa yang berpotensi, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat (peningkatan perekonomian masyarakat) melalui pertanian, karena mayoritas sebagian besar masyarakat Desa Soco adalah petani padi maupun sayur mayur.

”Agar Desa Soco menjadi desa yang mandiri baik ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya, dan yang penting masyarakat Desa Soco tetap guyub, rukun, tentram, bersatu bersama untuk desa tercinta ini. Kami selaku Pemerintah Desa (Pemdes) Soco akan selalu memaksimalkan pelayanan warga salah satunya akses jalan poros ekonomi masyarakat, jalan ke pemukiman warga, jalan produksi, termasuk irigasi dan saluran air yang menuju lahan pertanian para petani Desa Soco,” ujarnya.

“Insya Alloh secara bertahap, saya ajukan bersama-sama warga masyarakat desa kami untuk mewujudkan harapan warga desa kami, agar para petani di desa kami lebih meningkat pendapatan penghasilan hasil bertaninya. Dan hasil pertanian ini akan dipasarkan ke Pasar Jogorogo, Pasar Besar Ngawi, ini bertujuan agar jalan infrastruktur dibangun untuk mempermudah warga mengakses hasil panennya ke Pasar Besar,” pungkas Kepala Desa Soco, Sumadi kepada Wartawan BrataPos.com.

Reporter : zae/adv
Publish : Jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

REKOMENDASI UNTUK ANDA