by

Kades Gayam Kecamatan Kendal, Bangun Saluran Pas Batu di Perkampungan Masyarakat

NGAWI, BrataPos.com – Kepala Desa Gayam Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Siti Rahma beserta jajarannya sedang giat melaksanakan pembangunan Infrastruktur sarana prasarana bidang perekonomian masyarakat Desa Gayam. Pembangunan ini dilaksanakan hasil Musrenbangdes tingkat Desa.

Menurut Ketua DPD Wahyuni Elvandari sebagai ketua DPD di desanya penjelasankan kepada Wartawan BrataPos.com, kegiatan ini kami prioritaskan untuk pembangunan saluran pas natu di Dusun Bulak RT.03 dan RT.07 RW.04 dengan volume panjang 403 meter, lebar 0,5 meter, tinggi 0,5 meter menyerap anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 238.152.000,-, katanya.

Lanjut Ketua DPD Desa Gayam Wahyuni Elvandari serta dikuatkan oleh Kasun Bulak, Suwarno yang merangkap Ketua TPK Desa Gayam, mengenai siapa yang mengerjakan proyek adalah warga setempat sesuai Juknis Padat Karya Tunai dengan Petunjuk Teknis Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2018.

“Selain itu, melibatkan pekerja sejumlah 30 orang semua warga setempat. Sedangkan upah sesuai dengan Perda dan Perbup, untuk tukang Rp. 80.000,- per hari dan pekerja Rp. 70.000,- per hari,” tambah Ketua DPD, Wahyuni Elvandari.

Kepala Desa Gayam Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Siti Rahma membenarkan apa yang disampaikan oleh Ketua DPD dan Ketua Timlak (TPK). Memang itu sudah benar mas kami sudah aturan prosedurnya pelaksanaan kegiatan, ini sudah sesuai dengan RAP Tim Teknis Kegiatan selaku perencana dan pelaksana pembangunan, katanya.

Ketika ditanya tentang prioritas untuk peningkatan ekonomi para petani dalam (Holtikultura), Penampung air (embung), Irigasi dan saluran air untuk para petani padi dan petani sayur mayur di Desa Gayam seperti apa?, Bu Kades menjawab, kami sudah merencanakan tapi secara bertahap mas.

“Sementara ini petani padi kami tetap panen tidak kekurangan air yang penting masyarakat kami berkomitmen untuk guyub rukun, tenteram, sejahtera, bergotong royong untuk membangun desa tercinta ini, Insya Alloh berkah,” tegasnya Bu Kades Gayam Siti Rahma kepada Wartawan BrataPos.com.

Reporter : Zae/Adv
Publish : Jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

REKOMENDASI UNTUK ANDA