by

Demi Memberdayaan Ekonomi, Pemdes Sidorejo Optimalkan Bangun TPT

NGAWI, BrataPos.com – Menurut ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, Sukirno saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) di RT.07 RW.03 Dusun Tanon (Gendingan) dengan panjang 292 m volume 156,59 m2, menggunakan sumber dana dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 149.697.000,-.

“Program padat karya tunai (PKT) tersebut bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil yaitu masyarakat miskin. Maka dengan itu, sebelum dilaksanakan proyek tersebut diadakan sosialisasi secara bertahap yaitu warga lingkungan setempat untuk musyawarah mufakat dalam pelaksanaan pembangunan agar lebih baik,” ujarnya.

Kemudian lanjut Sukirno menambahkan, setelah sosialisasi, proyek mulai dikerjakan. Dalam mengerjakan proyek tersebut melibatkan warga setempat. Namun pihaknya sesuai dengan juknis, petunjuk teknis Padat Karya Tunai (PKT) dengan disertai fotocopy KTP. Selain itu, anggota keluarga miskin, dibuktikan dengan masuk data BKKBN sebagai Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera I (KS-I).

“Hal itu dilakukan dengan tujuan mewujudkan pemberdayaan perekonomian masyarakat yang dibawah garis kemiskinan dengan hak upah kerja, yaitu tukang Rp. 95.000,- per hari dan pekerja Rp. 80.000,- per hari. Sehingga mereka mendapat tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, minimal meringankan beban mereka untuk biaya sehari-hari,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Djarman pada saat dikonfirmasi oleh Wartawan BrataPos.com di ruang kerjanya membenarkan apa yang disampaikan oleh ketua tim pelaksanaan kegiatan bidang fisik. Sudah benar dan sesuai dengan prosedurnya, dari mulai awal Musrenbangdes, Muscam, Muskab, prioritasnya adalah jalan infrastruktur sesuai dengan perencanaan awal yang telah disepakati sebagai prioritas dan disetujui hasil Musyawarah tingkat Desa (Musrenbangdes).

Ketika ditanya oleh Wartawan BrataPos.com tentang harapan kedepan untuk kemajuan desanya yang menjadi desa berpotensi, apa saja mas?. Saya terus menggali dan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Desa Sidorejo melalui pertanian dari holtikultura dan sayur mayur termasuk bidang mikro perdagangan.

“Sebagian besar masyarakat Desa Sidorejo bekerja sebagai petani sawah dan sayur mayur juga pedagang. Maka akan saya mencari jalan terobosan melalui wadah Badan Usaha milik Desa BUMDES. Insya Allah petani di desa kami tidak kesulitan untuk mencari kekurangan pupuk maupun obat-obatan, karena sudah ada wadah Badan Usaha Milik Desa BUMDES. Namun keluhan para warga petani kami, kekurangan pupuk dan obat-obatan pertanian. Jika bicara kekurangan air di musim kemarau, Insya Allah petani kami tidak kekurangan air, sehingga bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal,“ pungkas Kades Sidorejo, Djarman.

Reporter : adv/zainal
Publish : jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

REKOMENDASI UNTUK ANDA