oleh

Warga Kadu Jaya Demo Tuntut Pencemaran Lingkungan PT Multi Sarana Sakti, Berujung Damai

TANGERANG.Bratapos.com – Masyarkat Kadu Jaya Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang menggelar Aksi Demo akibat pencemaran lingkungan hidup yang berasal dari PT Multi Sarana Sakti selaku pengelola peleburan besi,” dimana kondisi pencemaran lingkungan hidup sudah sejak lama mengganggu kenyaman an warga Kadu Jaya yang berada di kawasan Perumahan Grand Puri Asih,” demikian dikatakan Kordinator Demo Dwi Agus didampingi Suratmin selaku Rt 04/07 di lokasi, Sabtu (8/7/2020).

Aksi Demo dari Aliansi Masayarakat Kadu Jaya menurut Dwi Agus sudah dilakukan ketiga kalinya.

” Kami ingin secara tegas dari perusahaan untuk melakukan bisa memperhatikan pencemaran diwilayah warga sekitar Kadu Jaya, dimana dampaknya mengganggu kesehatan,” tegas Ketua Kordinator Demo itu.

Hal inipun juga dikatakan Suratmin menuturkan bahwa pabrik tersebut mengeluarkan asap hitam pekat yang dikhawatirkan terindikasi beracun.

” Bukan itu saja, perusahaan ini juga sudah mencemari lingkungan warga sekitar pabrik dengan mengakibatkan sesak pernapasannya terutama pada anak anak,” keluh Ketua RT 04 pada awak media.

Suratmin juga menambahkan pihaknya merasa bertanggung jawab atas tuntutan aspirasi masyarakat diantaranya Debu, Polusi (Kepulan Asap), Pencemaran Air, Pagar Pembatas.

” Agar perusahaan segera perhatikan dan memperbaiki wilayah lingkungan warga, sekaligus keluhan pencemaran dari PT Multi Sarana Sakti untuk memperhatikan kesehatan masyarakat dengan mengalami gangguan Instalasi Saluran Pernapasan (ISPA),” tambahnya.

Sementara dalam Aksi Demo yang tergabung Aliansi Masyarakat Kadu Jaya turut hadir H Sobri selalu perwakilan Pemerintahan Desa Kadu Jaya sekaligus sebagai anggota Kepolisian Wilayah Curug, Camat Curug Supriadi yang diwakili Kasi Ekbang Cucu

” Untuk berperan serta mengamankan Aksi Demo, kami sebagai abdi masyarakat untuk menampung keluhan warga,” jelas H Sobri

Pihak Desa Kadu Jaya dalam kegiatan adanya aksi masyarakat kadu jaya di PT.Multi Sarana Sakti ini menilainya sudah menjadi kewenangan kami Sebagai abdi masyarakat,

” Untuk menampung keluhan warga kami ,dan para jajaran kepolisan dan polsek curug sangat di siplin Selain Tugas dari Kepolisian Polsek Curug Beliau Juga Sekaligus Mewakili Keluarga Besar Desa Kadu Jaya langsung turun di lokasi sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab nya di lingkungan Desa Kadu Jaya,” ungkap H Sobri

Kecamatan Curug Supriadi yang di wakili oleh Kasi Ekbang Cucu. beliau menyampaikan bahwa, semua tuntutan dari warga sekitar PT.Multi Sarana Sakti di wilayah kadu jaya bisa di realisasikan oleh pihak perusahaan.

Tentunya hasil kesepakatan kedua belah pihak antara pihak pertama aliansi masyarakat kadu jaya peduli lingkungan hidup yang di wakili sebagai penanggung jawab (Korlap) ; 1. Dwi Agus H. 2. Ridwan Iskandar. 3.Roifudin dan 4.RT Suratmin.

Pihak kedua yang mewakili PT.Multi Sarana Sakti yaitu; 1.Effendi Rachman (Manajer HRD). 2. Fajar, SH. 3.Amirullah.SH

Bahwa sehubungan adanya surat mengatas namakan Aliansi Masyarakat Kadu Jaya Peduli Lingkungan Hidup Tertanggal 04 Agustus 2020 yang melakukan kegiatan aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat dimuka umum pada hari Sabtu tanggal 8 agustus 2020 di lokasi PT.Multi Sarana Sakti.

Bahwa sebelumnya telah terjadi aksi unjuk rasa telah di lakukan oleh atas nama warga masyarakat perumahan Grand Asih di Lokasi PT.Multi Sarana Sakti Sehingga terjadi Insiden pemukulan dan pengeroyokan yang mengakibatkan salah satu karyawan PT.Mukti Sarana Sakti menjadi korban dan selanjutnya membuat laporan Polisi di Poresta Tangerang Selatan pada tanggal 22 Juli 2020 sebagaimana No.Polisi : TBL/793/K/VII/SPKT/Res Tangsel.

Bahwa pihak perusahaan PT.Multi Sarana Sakti telah membuka laporan Polisi sebagai Nomor : TBL/4536/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ Polda Metro Jaya Tanggal 03 Agustus 2020 atas adanya dugaan tindakan pidana ancaman dengan kekerasan.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas para kedua belah pihak saling setuju dan sepakat untuk mengikatkan diri dalam perjanjian perdamaian yang memuat syarat-syarat dan ketentuan sebagai berikut :

Bahwa para pihak sepkat mengatakan telah saling memaakan dan menyesali atas perbuatan sebagaimana tersebut di atas yang di lakukan oleh masing masing pihak dan berjanji tidak akan mengulangi kembali perbuatan tersebut dan atau perbuatan lainya yang merugikan kedua belah pihak di kemudian hari.

Bahwa pihak pertama berjanji tidak akan melakukan aksi unjuk rasa di lokasi PT.Multi Sarana Sakti atau kegiatan apapun yang terdapat merugikan pihak perusahaan PT.Multi Sarana Sakti, selama proses perbaikan.

Bahwa pihak kedua terkait atas tuntutan masyarakat sebagaima na dalam surat dari Aliansi Masyarakat Kadu Jaya Peduli Lingkungan Hidup,yaitu sebagai berikut Debu, Polusi (Kepulan Asap), Pencemaran Air, Pagar Pembatas

Pihak kedua PT.Multi Sarana Sakti bersedia untuk memenuhi tuntutan warga untuk memperbaiki secepatnya untuk mengurangi intensitas produksi sampai dengan proses perbaikan di laksanakan.Bahwa para pihak telah setuju dan sepakat untuk mencabut laporan nya sebagaimana tersebut di atas.

Bahwa dengan di tandatanganinya perjanjian perdamaian ini maka permasalahan kedua belah pihak dinyatakan telah selesai dan masing-masing pihak berjanji tidak akan mengulang perbuatan yang sama di kemudian hari baik secara perdata atau maupun perdana bila masing masing pihak mengulang perbuatan yang sama bersedia di tuntut secara hukum.Isi Kesepakatan perdamaian di atas sebagai bukti antara pihak pertama aliansi masyarakat kadu jaya peduli lingkungan dengan pihak PT.Multi Sarana Sakti Sudah selesai.Hadir juga dari Jajaran Babinsa (Koramil 02) Curug Kapten.Inf.Dwi Saputro, Jajaran Kepolisian, Kapolsesk Curug, Kompol M.H. Panjaitan,Jajaran Satpol.PP Kec.Curug Pimpinan-Bapak. Admin.

Reporter : Yadi / Red

Editor/Publisher : Soleh

REKOMENDASI UNTUK ANDA