by

Penerapan Protokol Tak Adil, Moch. Kholil Ancam Laporkan Gugus Tugas Dan Siap Debat

SITUBONDO, Bratapos.com- Pasca demo tunggal tepatnya pada Jum’at 07 Agustus 2020, wartawan dari media Bratapos.com selaku Biro Situbondo telah melakukan wawancara terhadap Moch. Kholil Advokat warga Desa mangaran kecamatan mangaran Kabupaten Situbondo melalui sambungan telpon seluler.

Dalam besarannya karyawan (buruh) kurang lebih dari jumlah 6 ribuan, serta demi keselamatan Masyarakat menjadi alasan utama Advokat muda Situbondo Moch.Holil melakukan demo tunggal pada Jum’at 07 Agustus 2020, tepatnya di jalan perempatan mangaran Kabupaten Situbondo, dan berorasi agar Gugus Tugas covid-19 segera menutup perusahaan PT. PMMP (PT. Salem).

Permintaan penutupan PT. PMMP tersebut menurut Moch. Kholil, berdasarkan adanya rasa ketidak adilan pada penerapan aturan kebijakan, dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di Situbondo.

“Kekecewaan saya beralasan ketika penanganan yang diterapkan di olean dan di Salem sangatlah berbeda, begitu reaktif di masjid olean langsung ditutup saya sebagai umat Islam jujur merasa kecewa walaupun tujuannya terapkan protokol kesehatan Covid 19, sedangkan di Salem tidak tersentuh malah KDS dan Roxy lebih dulu yang di tes,”Ujar Moch. Kholil.

Selain itu, Moch. Kholil juga tidak habis pikir jika pertimbangan atas banyaknya kegiatan di Roxy dan KDS apa bedanya dengan di Salem, pekerjanya keluar masuk ketika hendak dan pulang bekerja, Salem tidak bisa berkelit bahwa itu bukan tanggung jawabnya seperti yang disampaikan Eko Kridarso manajernya, mobilitas keluar masuknya pekerja sangat sulit pengawasannya itu dampak tetap dibukanya Salem.

Nah, rasa keadilan itu tidak ada, pada virus yang sama, kasus sama namun perlakuan berbeda semestinya Gugas Tugas covid19 harus bertindak adil mumpung belum ada korban jiwa.

“Jika sampai ada korban jiwa ataupun sakit ringan atau parah, baik pekerja Salem itu sendiri atau mereka yang terbukti pernah kontak dengan pasien Salem maka Gugas Covid-19 harus bertanggung jawab, dan saya pastikan tidak segan-segan akan menempuh jalur hukum untuk melaporkan Gugas dengan PT. Salem, karena lalai atau sengaja mengakibatkan orang lain sakit ringan, berat atau meninggal,”Tegas janji Kholil.

Sejauh ini dengan banyaknya karyawan Salem yang terkonfirmasi tidak ada yang mengatakan Cluster Salem, menurut Kholil itu tidak adil dan hanya argumen Gugas saja dan dia siap berdebat dengan Gugas atau siapa saja.

“Kalau memang itu bukan kluster Salem, itu kan hanya argumen, alasan pasiennya terbanyak dari Bondowoso disebut oleh Gugas kluster Bondowoso itu kan hanya bicara, itu alasan yang dibuat buat oleh Gugas, saya siap debat dan bertanggung jawab dengan Gugas atau siapapun, jelas jelas yang banyak terkonfirmasi positip Covid-19 pekerja Salem,”ujarnya meledak ledak.

Menjawab pertanyaan Bratapos dari sudut pandang kesejahteraan karyawan sesuai SE Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang ditetapkan Bulan Maret 2020 Kholil membenarkan adanya hal tersebut.

“Betul itu, kalau tidak dilakukan oleh Salem padahal menteri mngeluarkan aturan dan Gugas seharusnya merekomendasinya, kepada Salem harus menanggung penuh gaji karyawan selama dirumahkan untuk sementara atau dikarantina, termasuk karantina mandiri harus ditanggung itu, jangan sampai Salem ‘ Ngalak Yamanna dibik (enaknya sendiri)’ hanya oriented profit giliran ada masalah Salem tak mau rugi,”tambah Kholil dengan bringas.

Manager HRD dan General Affair PT. PMMP, Eko kridarso, ketika dikonfirmasi lewat telpon seluler tentang SE M/3/HK.04/III/2020 menyampaikan, jika dirinya mengetahui dan sudah melaksanakannya, benarkah? sedangkan bantuan yang 300 ribu berupa uang dan beras saja masih ada yang belum menerima dan tidak tahu, seperti yang terjadi disalah satu pasien Salem yang sudah pulang, dirinya tidak menerima bantuan sama sekali, semoga Salem dapat memenuhi hak-hak semua pekerjanya sesuai aturan yang berlaku.

Reporter: A-Free

Editor: Marshel

Publisher: Shelor

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

REKOMENDASI UNTUK ANDA