oleh

Sigap.!! Dalam 48 Jam Tim Kuro Satresnarkoba Polres Lumajang Bekuk 3 Tersangka

LUMAJANG, Bratapos.com- Ditengah pandemi covid 19, Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Lumajang, terus gencar membrangus peredaran narkoba diwilayah hukum Mapolres Lumajang. Hal tersebut dibuktikan dalam dua hari terakhir sedikitnya tiga orang tersangka penyalah gunaan barang haram tersebut berhasil ditangkap, dibawah komando Kasat Resnarkoba Polres Lumajang, AKP. Ernowo, S.H., dimana pihaknya telah berkomitmen untuk memberantas jaringan peredaran Narkoba diwilayah Kabupaten Lumajang, Jawa timur.

“Kemarin kita berhasil ungkap para pelaku sedang berpesta shabu, disalah satu rumah warga dilokalisasi di Desa Jarit Candipuro, untuk hari ini, (Kemarin, red), kita juga berhasil ungkap peredaran obat daftar G (pil koplo) diwilayah Jatiroto”,Jelas AKP. Ernowo S.H., Selasa (4/8/2020).

Untuk kedua tersangka pengguna shabu yang berhasil diamankan berinisial ‘SF’ (42), Warga Dusun Sidorejo Rt. 01 Rw. 05 Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Lumajang, sedangkan tersangka satunya berinisial ‘SL’ (37), warga Dusun Kebonan Rt. 34 Rw. 08, Desa Mojo Kecamatan Padang, kedua tersangka seakan tidak menyangka dengan kedatangan petugas yang akan melakukan penggerebekan pada saat mereka sedang asyik gantian menghisap serbuk kristal putih (shabu).

“Setelah kami mendapat laporan warga, kami langsung cepat menuju lokasi dan melakukan penggerebekan, dan ternyata benar para tersangka sedang berpesta Narkotika golongan I”,Tambah Kasat Narkoba AKP. Ernowo.

Dalam penggrebekan tersebut, untuk barang bukti (Barbuk), yakni seperangkat peralatan mediasi pembakaran shabu masih terangkai berhasil diamankan oleh petugas, selain itu juga ada serbuk kristal putih yang tersimpan diplastik klip yang diduga kuat adalah shabu seberat 0,14 garam juga ikut diamankan polisi.

“Saat kami grebeg, keduanya langsung kami amankan beserta barbuknya alat hisab dan serbuk kristal, dugaan kuat kami itu adalah shabu”,imbuhnya lagi.

Sedangkan untuk pengungkapan peredaran obat yang masuk dalam daftar G yaitu, Senin 03 Agustus 2020, pelaku berinisial “SR” (27) Warga Dusun Krajan Kidul Rt. 03 Rw. 03 Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Lumajang, karena terbukti menyimpan dan mengedarkan pil Koplo berlogo ‘Y’ sebanyak 136 butir.

“Terlapor diduga telah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar persyaratan keamanan, khasiat, mutu dan atau tanpa ijin edar”, Tandasnya.

Akibat perbuatan ketiga tersangka yang melanggar hukum tersebut, kini bersama barang buktinya diamankan di Mapolres Lumajang untuk melengkapi berkas penyidikan lebih lanjut.

“Untuk terlapor shabu kami kenakan Pasal 112 ayat 1 Sub. 127 ayat 1 huruf a UURI No. 35 tahun 2009, yaitu tentang Narkotika Jo. Pasal 55 ayat 1 KUHP, dan untuk terlapor Pil Koplo kita kenakan Pasal 197 Sub. 196 UURI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan”,Pungkasnya.

Reporter: Fajar (Tim)

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA