by

“Rp.600.000 Tahap Awal” 273 KK Warga Mentor, Terima BLT-DD Terdampak Covid-19

PROBOLINGGO, Bratapos.com- Pemerintah Desa Mentor Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada tahun anggaran 2020, Rabu (03/6/2020).

Bantuan tersebut dalam rangka penanganan dampak Covid-19 yang disalurkan kepada 273 Kepala Keluarga (KK), dengan nilai uang sebesar Rp.600.000,- / KK untuk tahap pertama.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Mentor, yang dihadiri oleh Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa Mentor dan juga Satgas penanggulangan Bencana Non Alam Desa Mentor.

Muhammad Suhud selaku Kepala Desa (Kades) mengutarakan bahwa jumlah 273 Kepala Keluarga (KK) tersebut, merupakan hasil penjaringan yang sangat ketat dan diverifikasi melalui Musyawarah Desa Validasi Finalisasi Penetapan Penerima BLT- DD yang telah dilakukan sebelumnya.

Para penerima BLT Dana Desa adalah orang yang sama sekali tidak menerima bantuan lain dari pemerintah, seperti PKH, BPNT, KKS dan bantuan sembako lainnya.

“Saya sangat selektif dalam memilah dan memilih penerima BLT- DD ini pak, saya wanti-wanti ke perangkat Desa agar tidak terjadi double bantuan dan utamanya warga yang betul-betul terdampak Covid- 19, dimana disebabkan wabah ini kehilangan mata pencahariannya itu yang kami utamakan”, kata Kades Mentor.

Dari 273 penerima manfaat BLT- DD terbagi di 5 (lima) Dusun, di antaranya Dusun Darungan, Dusun Krajan, Dusun Bendungan, Dusun Kalicangka, dan Dusun Plampe’an.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada complain dari Warga terkait penyaluran BLT-DD ini, karena kami tak mau main-main dengan dana Covid ini, dan daftar nama penerima BLT – DD kami pampang di papan pengumuman desa, manakala ada kekeliruan dalam hal data, kami manusia biasa dengan segala keterbatasan maka kami akan segera menindaklanjuti”, ujar Kades satu periode ini.

Salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tanjung (48) Warga Dusun Krajan, Rt. 11/ Rw. 02 mengatakan, “Kami bersyukur sekali bisa mendapatkan BLT-DD ini pak, karena sejak wabah ini ada, saya nggak bisa kerja seperti biasanya, akhirnya makan setiap hari sampek menjual kambing pak”, sebut Tanjung dengan mimik wajah sedih.

Reporter :Saiful Mustofa

Editor :Maria

Publisher :Shelor

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA