oleh

Gerindra, Demokrat dan Berkarya Bangun Poros Baru, Pilkada Halsel

HALSEL, Bratapos.com– Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) terbilang menarik.

Sejauh ini sudah ada dua paket final yang memiliki rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di masing-masing partai koalisi diantaranya, Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Usman-Basam di usung PKB, PKS, PSI dan dikabarkan menyusul PDI Perjuangan. Sementara Helmi Umar Muksin-La Ode Arfan diusung Partai Nasdem dan Hanura.

Usman-Basam dan Helmi-La Ode Arfan masing-masing sudah mengantongi rekomendasi partai dari DPP dan siap mengikuti Pemilukada.

Sementara itu, Gerindra, Demokrat dan Berkarya berkeinginan membangun poros baru dan saat ini beredar isu ketiga partai tersebut serius melakukan konsolidasi lintas partai maupun kader partai yang mau di usung pada Pilkada.

Salah satu kader Partai Demokrat yang juga mantan anggota DPRD Halsel, Hud Hi. Ibrahim membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, saat ini Partai Demokrat dan Gerindra intens melakukan penjajakan lintas partai bahkan dengan Partai Berkarya.

“Untuk Demokrat sendiri ada tiga nama yakni, M Rahmi Husen, Hud H Ibrahim dan Akbar Basrah yang saat ini lagi di bahas di internal partai Demokrat untuk mendampingi Ketua Gerindra M Likur Abd. Latif di Pilkada,” katanya kepada Bratapos.com belum lama ini.

Hampir semua partai yang memiliki kursi di DPRD Halsel telah terpenuhi untuk mengusung Balon Bupati dan Wakil Bupati.

Dari total 30 kursi DPRD Halsel di Partai koalisi, sudah 23 kursi memiliki set dan siap mencalonkan kader terbaik mereka di Pilkada Halsel 2020.

Menariknya, masih tersisa Golkar dan PKPI dengan 7 kursi di DPRD. Sementara kedua Ketua Partai PKPI yakni, Bahrain Kasuba (Petahana) dan Partai Golkar, Umar H Soleman (Waka DPRD) tadinya dipaketkan di Pilkada. Kini, keduanya dikabarkan “bercerai” alias pisah.

Menanti untuk disimak apakah PKPI dan Golkar kembali “Rujuk” dan ataukah Golkar memilih mengikuti Nasdem-Hanura ataukah PKB, PKS, PSI, PDI-P dan atau mengikuti poros baru Gerindra, Demokrat dan juga Berkarya.

(Fahri/Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA