by

629 Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Ditunda Tahun Depan

SUMENEP, BrataPos.com – 629 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dipastikan gagal berangkat ke tanah suci mekah tahun 2020 ini, hal tersebut setelah Kementrian Agama RI mengkonfirmasi membatalkan pengiriman jemaah haji dari Indonesia.

Kasi Haji Kemenag Sumenep, Rifa’i Hasyim mengatakan, Dalam pembatalan pengiriman jemaah haji ini karena banyak pertimbangan lain oleh Kementrian Agama RI. Bukan hanya karena masalah kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan rilis pak menteri agama hari ini sekitar pukul 10 tadi, bahwa sanya ibadah haji tahun ini di tunda pelaksanaannya ketahun depan,” ujarnya saat dihubungi media, Selasa (02/06/2020).

Rifa’i juga mengatakan, ada sebanyak 590 orang yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) pada tahap pertama. Sedangkan, pada tahap ke dua ada 39 orang yang telah melunasi BPIH.

Kata dia, dengan pembatalan ini, sebanyak 629 jamaah yang gagal berangkat ini, bukan berarti gagal melaksanakan rukun islam yang ke lima tersebut. Hanya saja, pemberangkatannya ditunda ke tahun 2021 mendatang.

“Mengingat keputusan ini telah disampaikan resmi oleh Pak Menteri Agama RI, maka jamaah haji yang telah melaksanakan pelunasan BPIH, hajinya akan diberangkatkan di tahun 2021,” tegasnya.

Dia berharap kepada masyarakat, khususnya para calon jemaah haji, agar dapat memahami adanya kebijakan tersebut. Apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat sekarang.

“Yang pasti jemaah yang dijadwalkan tahun ini akan di berangkatkan tahun depan,” tambahnya.

Reporter : zr
Publish : Jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA