by

Kades Singakerta I Ketut Murja, SE Menjadi Garda Depan Menangani Covid-19

BALI, Bratapos.com– Desa Singakerta yang terdiri dari 14 Banjar, menjadi contoh bagi Desa-Desa lainnya. I Ketut Murja, S.E, Kepala Desa Singakerta, memimpin langsung satgas covid-19 dalam memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 ini.

Adapun kegiatan yang sudah dilakukannya bersama satgas bentukannya, yaitu melakukan penyemprotan disinfektan ke sepanjang jalan-jalan yang ada di Desa Singakerta, dan gang-gang pun tidak luput dari penyemprotan.

Disamping melakukan penyemprotan di wilayahnya, Ketut Murja juga membagikan disinfektan ke seluruh warga, agar warganya bisa melaksanakan penyemprotan secara mandiri di rumahnya masing-masing, dan ini menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya.

Ketut Murja yang di kenal merakyat ini, hampir setiap hari, baik pagi maupun sore hari menyusuri wilayahnya untuk memantau masyarakat, baik yang lokal maupun warga pendatang, sambil mengedukasi masyarakat.

Ketut Murja mengatakan, di Desa Singakerta, paling banyak ada PMI dan penduduk pendatang, sehingga dia harus pro aktif turun ke bawah serta berkoordinasi baik dengan Kaling, Bendesa, Sekeha Teruna, dan Satgas gotong royong yang ada di Desa Adat Lingkungan Singakerta.

Di Singakerta ada sekitar 50 orang PMI, dari 50 orang PMI ini, 20 orang sudah kembali dari tempatnya bekerja, dan sudah di tangani dengan baik dari kedatanganya di airport sampai ke tempat karantina, Ketut Murja selalu memantau warganya yang PMI ini.

Disamping PMI, para penduduk pendatang juga menjadi perhatian serius baginya, jauh sebelumnya beliau sudah mengeluarkan himbauan kepada penduduk pendatang yang mau mudik, sekembalinya tidak akan di ijinkan kembali ke Desa Singakerta, sebelum pendemi covid 19 ini dinyatakan benar-benar tuntas.

Bagi penduduk pendatang yang nekad mudik, langsung dibuatkan surat pernyataan, bahwa tidak akan memasuki Desa Singakerta sebelum covid-19 ini berakhir, Ketut Murja juga menghimbau kepada warganya yang memiliki rumah-rumah kost, untuk sementara waktu agar tidak menerima orang baru.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Singakerta juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen dan lapisan masyarakat juga ke pada PMI yang sekarang sudah kembali ke keluarganya masing-masing, karena sudah taat menjalani protokol kesehatan dan himbauan pemerintah.

Dengan adanya wacana new normal dari pemerintah, Ketut Murja mengharapkan kepada warganya khususnya dan masyarakat Bali pada umunya, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, jaga jarak, pake masker, cuci tangan sesering mungkin. Mudah-mudahan dengan adanya new normal ini, ekonomi masyarakat kembali normal kembali seperti semula.

(bayu/redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA