by

GMBI Sampang Dampingi Warga Tidak Terima BLT DD Bagi Rata

SAMPANG, BrataPos.com – Sebagian warga di Desa Asemrajeh, Dusun Saesah, Kecamatan Grengik mengaku keberatan dengan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Pasalnya dana yang sudah diterima Rp 600 ribu dari desa kembali dibagi masing-masing Rp300 ribu per KK, atas adanya permintaan dari perangkat kewilayahan atau kepala dusun dengan alasan mengacu hasil musyawarah dusun agar bantuan bisa merata.

Warga keberatan setelah mengetahui kalau di desa lain, BLT tidak dibagi rata. Mereka pun menuntut agar BLT diberikan sesuai ketentuan yakni 600 ribu per KK.

Saat kami temui H. Supri perwakilan (warga) mengatakan, ia berharap bantuan BLT dana desa tersebut diberikan sesuai dengan ketentuan yang ada, mas.

“Saya juga berharap kepada semua perangkat desa yang ada di Asem Rajeh ketika ada musyawarah desa warga juga dilibatkan, jangan sewena-wena,” paparnya pada wartawan.

Di lokasi lain ketua LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) Ilham mengatakan, tadi saya sudah konfirmasi mas terkait aduan warga pada kami di lapangan. “Saat kami temui kades Asem Raja (Slamet Riyadi) mengakui dan membenarkan kalau memang pihak Pemdes membagi rata BLT DD tersebut,” jelasnya Ilham. Kamis (28/05/2020).

Saat itu pula Kades Asem Raja menyampaikan akan bertanggung jawab atas semua kesalahan atau pembagi rataan BLT DD tersebut, dan akan dilaksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah dan ketentuan yang ada.

Bukan hanya itu, Slamet Riyadi juga meminta maaf atas tindakannya yang telah membagi rata BLT DD. “Pihak Kades sudah akui kesalahannya dan bertanggung jawab, dengan memenuhi nominal dengan penerima bantuan sebesar Rp 600rb tanpa menarik kembali uang Rp 300 rb yang terlanjur tersalurkan,” terangnya Ilham ketua GMBI.

Harapan saya kedepannya mas supaya tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi, karena dalam ketentuan ataupun anjuran perintah kabupaten, bahawsanya BLT DD harus tepat sasaran dan tidak boleh di bagi rata, harap Ilham.

Reporter : Fara
Editor : Riyan
Publish : Jamal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA