by

Cara Cek Apakah Anda Penerima Bansos Covid-19 & Uang Tunai 600 Ribu Melalui Online

Binjai,-Bratapos.com


Pasca dilanda pandemi covid-19, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial kini tengah berupaya untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial untuk rakyatnya.


Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilitasan pangan & kesejahteraan penduduk.


Diantaranya adalah bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 600 ribu dan bantuan sosial berupa sembako.


Program bantuan sosial tersebut ditujukan bagi seluruh masyarakat yang terdampak pandemi korona.


Untuk mencapai penyaluran dengan hasil maksimal dan transparansi terhadap publik, Kementerian Sosial merilis laman website dan aplikasi yang dapat di akses secara bebas oleh seluruh masyarakat.


Melalui aplikasi dan situs web tersebut, masyarakat dapat mengecek secara mandiri dan instan apakah dirinya masuk kedalam kategori penerima bansos atau tidaknya.


Berikut langkah mudah untuk mengetahui secara cepat apakah diri anda termasuk penerima manfaat dana tunai 600 ribu atau bantuan sosial lainnya.

Ket foto : Tampilan Online Cek Data Penerima Bansos


Akses laman web https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/ , lalu pilih id kepesertaan, dilanjutkan dengan mengetikkan nomor id kepesertaan yang dipilih, lalu masukkan nama, dan langkah terakhir masukkan captcha yang tertera di kolom capcha, klik cari.


System akan otomatis mencocokkan nama yang di input dengan database milik Kementerian Sosia Republik Indonesia.


Dengan adanya akses website tersebut, diharapkan masyarakat dapat ikut serta mengawasi dan melaporkan jika terjadinya ketidaksesuaian penerima bansos seperti yang telah ditentukan.


Misalnya, jika nama penerima bansos tercantum dalam situs web milik Kemensos, namun kenyataan dilapangan nama tersebut tak kunjung menerima bansos yang dimaksud, dapat segera melakukan protes dan melaporkan data tersebut kepada pemerintah setempat.


Selain itu, pemerintah juga merilis aplikasi SIKS-Dataku.
Sebuah aplikasi yang dapat di akses melalui gawai smartphone berbasis Android maupun IOS ini memberikan informasi yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), semisal penerima bantuan sosial, penerima program keluarga harapan (PKH), dan penerima bantuan iuran sesuai dengan data terkini.

Ditulis oleh : M Handyka Pramudya, S.I.Kom

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

  1. mantap terobosannya
    cuma sumber data ny dan pendataannya itu dari mana?
    masak ada yang 1 rumah 3 kk dapat smua

    yang tempat lain tidak ada yang mendapatkan sama sekali

  2. Kenapa saya ga dapet bantuan apa” yang selalu dapat yang kaya ajj di kp. Bojong sudika desa haurpanggung

  3. Kenapa saya blum mendapatkan BST yg tahap ke 2…yang di salurkan melalui bank bri
    Padahal kami sangat membutuhkannya.

  4. Di tempat kami..di jln wonodri baru 6/kelurahan wonodri/ kecamatan semarang selatan… Saya meberitahukan bahwa penerima bansos tidak adil…di tempat saya di wonodri,tepatnya di semarang selatan…suami sitri dapat bantuan bansos..anehnya lagi orang dapat bantuan itu dipilih2 orangnya…1 rumah anak suami istri dan menantu semua dapat kenapa kami 1 rt hanya 3 atau orang tidak dapat bantuan itu…bahkan pegawai negeripun dapat juga serta pensiunan pegawai negeri juga dapat… Kenapa kami tidak dapat…Saya mohon masalah ini tolong di periksa lagi…. Sekian dari Saya.

REKOMENDASI UNTUK ANDA