oleh

Selamat Hari Kebebasan Pers Dunia, 03 Mei 2020

BRATAPOS.COM– Selamat Hari Kebebasan Pers Dunia, 03 Mei 2020. Semoga pers Indonesia terus dapat menyajikan berita-berita yang terpercaya sehingga dapat mencerdaskan, memajukan dan mempersatukan bangsa.

Hari Kebebasan Pers Dunia atau World Press Freedom Day (WPFD) ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap tahun, yaitu pada tanggal 03 Mei.

Tahun ini peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia jatuh pada Minggu, 03 Mei 2020.

Berdasarkan Universal Declaration of Human Rights 1948 pasal 19, ditetapkannya Hari Kebebasan Pers Sedunia bertujuan untuk menghormati kebebasan pers dan mengingatkan pemerintah akan tugas mereka untuk menghormati dan mematuhi hak atas kebebasan berekspresi.

Sejak 1993, bertepatan dengan Hari Kebebasan Pers Sedunia setiap tahunnya digelar juga konferensi global.

Konferensi ini memberikan kesempatan kepada jurnalis, perwakilan masyarakat sipil, otoritas nasional, akademisi dan masyarakat luas untuk membahas tantangan yang muncul untuk kebebasan pers dan keselamatan jurnalis dan untuk bekerja sama dalam mengidentifikasi solusi.

Pada tahun 2020 ini, Belanda menjadi tuan rumah konfrensi. UNESCO merencanakan untuk mengadakan konferensi dari tanggal 22 hingga 24 April di Den Haag. Tetapi karena Covid-19, konferensi diundur menjadi tanggal 18-20 Oktober di tempat yang sama.

Sementara itu, Indonesia pernah menjadi tuan rumah konfrensi Hari Kebebasan Pers Sedunia ini tahun 2017 di Jakarta.

Saat itu tema yang diusung dalam konfrensi di Jakarta adalah “Critical Minds for Critical Times: Peran media dalam memajukan masyarakat yang damai, adil dan inklusif”.

(pelbagai sumber/redaksi)

REKOMENDASI UNTUK ANDA