oleh

Hujan Sejak Sore, Akibatkan Desa Pekan Kuala Kabupaten Langkat Terendam Banjir

Langkat-Bratapos.com
Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah di Provinsi Sumatera Utara mengakibatkan banjir pada kawasan Desa Pekan Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat pada rabu malam (29/04/2020).

“Kami tidak bisa keluar rumah, air sudah mengepung jalan dikawasan ini sejak tadi malam sekitar habis isya,” ucap Zainudin Siregar salah seorang warga Desa Pekan Kuala

Masih kata Regar sapaan akrabnya, “sebagaian perabotan sudah terendam banjir, sedangkan prabotan yang kecil-kecil kami naikan ke lantai dua rumah ini,” terang Regar

Bahkan, ungkapnya, sebagian warga sudah pergi mengungsi karena takut air semakin bertambah tinggi, “seperti tetangga saya sudah pergi mengungsi kerumah kerabatnya di kawasan Padang Cermin,” cetus pria dengan cirikhas bicara berlogat Batak itu.

Sementara itu Camat Pekan Kuala Imanta Peranginangin saat di konfirmasi menjelaskan bahwa genangan air disebabkan oleh intensitas curah hujan yang cukup deras dengan durasi yang panjang sehingga mengakibatkan air sungai tempo meluap.

“Banjir tersebut merupakan kiriman dari sungai tempo yang meluap, akibat hujan yang turun dari tadi sore, diperkirakan tinggi air yang merendam pemukiman mencapai 100 centimeter,” Jelas pria berperawakan tinggi itu

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Langkat guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hingga berita ini diterbitkan, hujan dengan intensitas rendah masih terus mengguyur kawasan tersebut, sehingga sebagian warga yang berada di pinggiran sungai memilih untuk segera mengungsi ketempat yang lebih aman. (dyk.p)

REKOMENDASI UNTUK ANDA