by

Muat Glondongan Mahoni Dan Sengon Dihadang Patroli Gabungan, “Begini Ceritanya..!!

-Terbaru-175 views

LUMAJANG, Bratapos.com- Tim gabungan diantaranya Anggota Polsek Ranuyoso dan Perhutani serta anggota TNI Lumajang, berhasil mengamankan beberapa orang dan puluhan glondong kayu jenis mahoni yang di duga hasil dari Ilegal Logging. Senin (27/04/2020).

Menurut paur subbag humas Polres Lumajang, Ipda.Catur Budi Baskoro saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, bahwa seorang pria bernama MR. (48), asal Warga Dusun Darungan, Rt.14/Rw.04, Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, di duga
telah melakukan tindak pidana kasus perusakan hutan, berdasarkan LP/15/IV/
2020/JATIM/RES LMJ/SEK RNY, tanggal 26 April 2020 akhirnya ditangkap.

MR, diamankan karena diketahui, Minggu tanggal 26 April 2020 sekitar pukul:18.30 Wib, didusun Darungan, Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso Lumajang, dipetak 9 C-1 telah menebang pohon mahoni, hasil tanam pada tahun 1996 dulu.

“Total 93 glondong kayu jenis mahoni, dengan panjang 110 cm, dan ada juga 25 glondong kayu sengon buto panjang 110 cm, diamankan petugas dan beberapa alat bukti lainya termasuk kendaraan dan gergaji (Senso),”Tegasnya.

Sementara itu, Asper BKPH Klakah KPH Probolinggo, Soegiharto Aries S, saat di konfirmasi telah membenarkan kejadian tersebut, bahwa terlapor telah menyewa kendaraan Truck Mitsubhisi warna hijau kuning No.Pol S-8060-WA milik Smn (35) alamat Dusun Darungan, Desa Alun-Alun Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. untuk memuluskan aksinya dengan maksud akan menjual kayu hutan tersebut.

“Namun sayangnya ditengah perjalanan terlapor bersama dengan saksi Smn di hentikan oleh petugas patroli gabungan dari Polsek Ranuyoso dan Anggota Perhutani,” Terangnya.

Dalam pemeriksaan tersebut terlapor tak bisa menunjukkan surat ijin kepemilikan dari kayu, dan terlapor juga mengakui jika kayu yang dimuatnya tersebut, hasil menebang dihutan tanpa sepengetahuan dan seijin dari pihak yang berwenang.

Pelaku melanggar UURI No.12 huruf c Sub pasal 12 huruf d Sub pasal 82 ayat 2 huruf b UURI No.18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan,”Pungkasnya.

Reporter: Shelor

Editor/Publisher :Shelor

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA