by

Harus Serius Tangani Covid 19, Nasim Khan Minta Agenda Nasional Ditunda

-Terbaru-286 views

Situbondo, Bratapos.com – Semakin merebaknya penyebaran virus Covid 19 atau Corona di Indonesia membuat anggota DPR RI, Ir. HM Nasim Khan angkat bicara. Politikus PKB ini meminta agar Pemerintah menunda berbagai agenda nasional yang akan diselenggarakan.

Misalnya Pilkada serentak 2020, PON (Pekan Olahraga Nasional) dan agenda pemindahan ibu kota negara, “Lebih baik saat ini pemerintah lebih fokus ke penanganan merebaknya penyebaran virus Covid 19. Agenda Nasional seperti pilkada serentak, PON, rencana pemindahan ibu kota dan yang lainnya seharusnya ditunda dulu, “ujar Nasim Khan, Minggu malam (29/03).

Berbicara dari Jakarta melalui sambungan telepon selularnya, Nasim yang berasal dari Dapil 3 Jawa Timur (Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi) menyatakan saat ini masyarakat sangat butuh perhatian akibat merebaknya virus Covid 19.

“Penyebarannya sangat massif, saat ini masyarakat sangat membutuhkan perhatian. Kalau agenda nasional itu tidak ditunda khawatir penanganannya menjadi kurang maksimal, “urainya.

Nasim meminta agar semua fokus pada penanganan penyebaran virus yang membahayakan yang masuk bencana besar non alam.

“Penundaan agenda harus disertai dengan regulasi dan aturan teknisnya yang jelas, sehingga semua fokus ke penanganan virus Covid 19. Secara teknis nanti harus dibahas oleh pemerintah dan legislatif serta mitra masing-masing, “terangnya.

Menurut Nasim bukan hanya di bidang kesehatan medis yang harus menangani Covid 19, semua sektor harus ambil bagian seperti ekonomi, keamanan, pangan, politik dan lain-lainnya. Nasim mengatakan harus ada langkah antisipatif yang lebih serius terutama di sektor ekonomi yang sangat beresiko.

“Apalagi jika sampai terjadi krisis ekonomi, terutama dalam ketersediaan pangan. Maka harus ada perencanaan matang terkait pemenuhan bahan pangan. Apalagi sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, kemudian lebaran. Harus disiapkan dari sekarang, “jelasnya.

Yang jelas kata Nasim, Komisi VI akan mengkroscek kesiapan BUMN dalam menunjang program-program pemerintah khususnya terkait pengadaan dan penyiapan kebutuhan untuk menangani bencana Covid 19.

Disamping itu Nasim mengapresiasi kesigapan pihak rumah sakit dan tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan wabah Virus Corona. Namun Nasim juga mengingatkan bahwa semua rumah sakit, terutama yang ditetapkan sebagai rujukan harus mau menerima pasien yang diduga terjangkit Covid 19.

” Rumah sakit wajib menerima pasien, jangan sampai ditolak seperti yang terjadi sekarang. Karena rumah sakit dan tenaga medis apapun kondisinya lebih mengerti masalah medis, walau memang banyak resiko, “kata KAPOKSI PKB (Kepala Kelompok Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa) ini.

Diakhir perbincangan Nasim mengatakan jika Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta jajarannya saat ini terus menginstruksikan agar kader PKB membantu pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona yang semakin mengkhawatirkan.

“Apalagi situasi saat ini semakin mengkhawatirkan dan penyebaran Virus Corona semakin sulit dikontrol. Ini tak bisa dianggap remeh, karena kedepan akan mempengaruhi kondisi segala hal, “tutur Anggota Komisi VI ini.

Reporter : Yat

Editor : Nr

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA