by

Jubir: Ini Langkah Penanganan ODP

IDI, BrataPos.com – Alat Pelindung Diri (APD) memang menjadi satu kebutuhan mutlak para tenaga medis yang menangani pasien positif virus Corona atau Covid-19, karena para medis berada di garda terdepan dalam menolong pasien. Tetapi, disaat belum ditemukan kasus yang positif Corona, maka para medis juga perlu meminimalisir penggunaan APD.

“Saat ini tercatat 34 Orang Dalam Pengawasan (ODP) didaerah kita. Secara protokoler kesehatan, penanganannya bisa dilakukan secara jarak jauh, seperti menceritakan keluhan dan perkembangan kesehatan. Untuk mengambil obat ke puskesmas maka cukup keluarganya saja yang datang, karena ODP harus menjalani isolasi mandiri di rumah tanpa harus kontak dengan siapapun,” urai Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas (Gugas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur, Dr. H. Edi Gunawan MARS, dalam Siaran Pers yang dikeluarkan Bagian Humas & Protokoler Setdakab Aceh Timur, Sabtu (28/3/2020).

Dia mencontohkan, disaat kesehatan salah satu ODP memburuk dan perlu penanganan lebih lanjut, maka keluarganya yang harus menghubungi aparat desa atau bidan desa (bides) yang selanjutnya menghubungi petugas puskesmas guna dilakukan koordinasi dengan Tim Gugas Penanggulangan Covid-19 Aceh Timur, guna dilakukan penjemputan dan dibawa ke Rumah Sakit (RS) guna diambil tindakan selanjutnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA