oleh

Hiswana Migas dan BNI Teken MoU PLO Gas Melon

Last updated: Rabu, 19 Februari 2020, 18:48 WIB

BLORA -Bratapos.com, Seiring dengan peningkatan volume penyaluran Public Service Obligation (PSO) berupa LPG 3Kg, diperlukan adanya modul pencatatan data transaksi yang lebih akurat dan akuntabel untuk agen ke pangkalan.

Kapabilitas e-channel yang digunakan agen dan pangkalan, tentunya juga harus mampu menjembatani proses pencatatan yang pada akhirnya mampu dimanfaatkan sebagai tools monitoring, dan reporting bagi Pihak Pertamina maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kami, DPC Hiswana Migas Pati dengan wilayah kerja sampai di Blora, mengapresiasi kerja sama ini,” jelas Ketua DPC Hiswama Migas Pati, Suma Novendi, Rabu (19/2/2020).

Dengan MoU ini, selain mempermudah pembayaran dan layanan, terjamin juga keamanan dari kemungkinan peredarannuang palsu, kata Suma saat dimui di Cepu, Blora.

Dalam pertemuan yang dihelat di Hotel Safin, Kota Pati, hadir pejabat Bank BNI, Pengurus Hiswana Migas dan agen gas elpiji se-eks Karesidenan Pati (Blora, Pati, Rembang, Jepara, Kudus), tambah Suma.

Sementara itu, Indra Novianto Sibarani, Head Of Business Banking BNI Wilayah Semarang, menjelaskan Selain agar pencatatan semakin mudah serta aman dan terhindar dari uang palsu, Cashless Payment System ini mutlak diperlukan.

“BNI sebagai mitra usaha PT Pertamina bersinergi dalam membantu pencatatan transaksi Agen ke Pangkalan LPG, sekaligus mewujudkan cashless society,” kata Indra Novianto Sibarani.

Menurutnya, transaksi cashless ini memudahkan Pangkalan melakukan pemesanan dan pembayaran melalui berbagai e-channel yang dimiliki BNI, sedangkan disatu sisi sebagai Agen, akan mendapatkan rekonsiliasi pencatatan transaksi secara otomatis, real time dan akurat.

Bank BNI senantiasa memastikan setiap agen dan Pangkalan dapat melakukan pemesanan dan pembayaran atas pembelian produk dengan menggunakan e-channel kami, sehingga kenyamanan, keamanan dan kepastian transaksi dapat senantiasa terjaga.

Dalam menangkap peluang ini, BNI Wilayah Semarang, pada Rabu 19 Februari 2020 mengadakan acara sosialisasi Cashless Payment bersama DPC Hiswana Migas Pati di Hotel Safin Pati.

Acara yang dikemas dalam bentuk gathering tersebut menghadirkan pembicara dari BNI, dan DPC Hiswana Migas Pati.

Acara dihadiri oleh seluruh anggota DPC Hiswana Migas Pati yang merupakan agen penyaluran LPG 3Kg dengan area kerja di ex Karisidenan Pati (Pati, Jepara, Kudus, Cepu dan sekitarnya).

Selama ini agen-agen dibawah naungan DPC Hiswana Migas Pati membutuhkan usaha yang ekstra untuk melakukan pengelolaan transaksi penebusan baik ke Pertamina maupun penagihan dari Pangkalan, beberapa pangkalan juga mengeluhkan kerap terjadi error saat penebusan LPG 3Kg dengan fasilitas perbankan sebelumnya, Cashless Payment yang seharusnya memudahkan malah sering terjadi error, yang berakibat beberapa Agen harus mengeluarkan biaya tambahan berupa lembur ke karyawan dikarenakan harus melakukan rekonsiliasi secara manual.

“Tentang pengalaman menggunakan transaksi di BNI awalnya saya berfikir ribet, ternyata BNI sangat memudahkan kami dalam melakukan teknis pembuatan rekening sampai dengan fasilitas e-channel BNI yang mendukung proses penebusan ke Pertamina, baik dari sisi Agen dan Pangkalan, bahkan BNI menyediakan notifikasi ke email atas setiap transaksi yang kami lakukan,” tambahSuma Novendi.

Reporter :Eko

Publiser : Ariefin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA