oleh

Debby Lestari SE : Ayo Nabung Di Bank Sampah Dan Rasakan Manfaatnya

BINJAI. BrataPos.com – Seiring meningkatnya jumlah populasi penduduk di suatu daerah. Maka potensi penghasil sampah juga kian meningkat.

Selain itu, penumpukan sampah plastik yang mengakibatkan Global Warming, juga kerap terjadi di berbagai daerah, dikarenakan minimnya lokasi pembuangan dan pengolahan. Hal tersebut merupakan momok menakutkan bagi setiap daerah.

Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam hal ini menanggapi serius permasalahan sampah di Kota Binjai khususnya.

Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya menciptakan berbagai inovasi guna pencegahan penumpukan sampah serta upaya dalam melestarikan lingkungan.

Dalam inovasinya, DLH Kota Binjai dengan melibatkan masyarakat, menerapkan trobosan dalam pengolahan sampah plastik serta membangun budaya bersih, tertib dan bernilai produktif, yaitu Bank Sampah.

Bank sampah merupakan suatu trobosan kecil yang berdampak luar bisa terhadap kelestarian lingkungan. Sebab dalam mekanisme Bank sampah, DLH mengedepankan sistem pendauran sampah menjadi limbah yang bermanfaat.

Debby Lestari SE, Kepala pengelolaan sampah dan TPA Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020) menjelaskan bahwa misi utama Bank sampah ini adalah pelestarian lingkungan dan mengurangi Global Warming.

Perempuan berperawakan kulit putih tersebut juga mengatakan bahwa Bank sampah juga dapat berpengaruh dalam mengurangi penumpukan sampah di tempat pembuangan sampah ahir (TPA) Kota Binjai yang saat ini hampir mengalami over kapasitas.

“Bank sampah ini merupakan bentuk dari upaya pemerintah Kota Binjai dalam melestarikan lingkungan, berbagai manfaat dapat kita rasakan bersama jika terlaksana nya program tersebut,” ujar Debby.

IMG-20200115-WA0003

Dirinya juga mengatakan bahwa
masyarakat yang terlibat dalam misi pelestarian lingkungan melalui program Bank sampah tersebut juga dapat menghasilkan income tersendiri.

“Saat ini Dinas Lingkungan Hidup telah membuka jangkauan Bank sampah nya yang tersebar di 5 (lima) Kecamatan, dimana sampah yang terkumpul di Bank sampah tersebut akan di bagi dalam kategori organik maupun anorganik, yang nantinya di daur ulang sebagai limbah bermanfaat yang bernilai dan akan diberikan kepada para nasabah/masyarakat yang sering menyetor sampah,” ucap wanita berparas cantik tersebut.

“Ayo menabung di Bank sampah, dan rasakan manfaat nya,” seru Debby mengajak masyarakat.

Reporter/Penulis : dyk.p

Editor : hd

Publisher : jml

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA