by

Bandara Aek Godang Diduga Kuasai Lahan Warga

Sidimpuan , Bratapos.com – Diduga Kuasai lahan warga, Bandara Aek Godang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) digugat pewaris yang menjadi pemilik lahan di kawasan lapangan terbang.

KuasaKuasa hukum penggugat pihak Bandara Aek Godang, Muahammad Sahor Bangun Ritonga, Selasa (14/1)mengatakan, gugatan bernomor registrasi perkara 1/PDT.G/2020/PN.PSP tersebut disampaikan ke PN Padangsidimpuan pada 6 Januari lalu.

Katanya kliennya, Darman Harahap, 42, warga Desa Aek Nauli, Kec. Hulu Sihapas, Kab. Paluta menggugat pihak Bandara karena pihak pihak bandara menutup akses jalan ke lahan persawahan seluas 10.353 meter persegi, berada di sekitar kawasan bandara, sehingga pemilik sawah tersebut tidak bisa mengolah dan menguasai lahannya. Padahal, ujar Sahor, lahan tersebut merupakan sumber pencarian utama untuk menutupi beban kebutuhan kliennya.

Sedangkan kepemilikan lahan itu berasal dari tanah warisan orangtua, kemudian Darman Harahap memberikan ganti rugi kepada saudaranya yang juga ahli waris, sehingga lahan tersebut menjadi miliknya sepenuhnya.

Kemudian, kepemilikan lahan itu sesuai dengan Surat Keterangan Tanah yang diterbitkan oleh Kepala Desa Padang Bujur Baru Damres Harahap dan diketahui oleh Camat Batang Onang, Kab.Paluta Darman Hasibuan, tertanggal 28 November 2016.

Dikatakannya, Darman maupun keluarganya tidak pernah memperoleh ganti rugi meskipun ganti rugi terhadap warga pemilik lahan telah dilaksanakan oleh Pemkab Tapsel sebagai pemilik asset.

Sedangkan sidang pertama terhadap gugatan terhadap Bandara Aek Godang tersebut kata Sahor, akan berlangsung di PN Padangsidimpuan pada hari Jumat yang akan datang. Dia berharap agar gugatan tersebut diselesaikan sebelum sidang pembacaan tuntutan.

Reporter.Iwan sd

Editor / publisher : zai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA