by

Keterbukaan Anggaran – Informasi Publik Merupakan Hak Masyarakat Dan Kewajiban Badan Publik

PESISIR SELATAN, BrataPos.com – Di beberapa kesempatan sering kita lihat Presiden RI H.Ir.Joko Widodo mengatakan agar masyarakat aktif mengawasi penggunaan APBN dan APBD dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia, Selasa (14/01/2020), khususnya ADD dan DD di Desa atau di Nagari di Sumatera Barat yang saat ini banyak disorot masyarakat.

Beberapa kali penulis lewat di depan kantor Walinagari Pasia Pelangai selama tahun 2019 terakhir Jum’at, 10/01/2020, penulis Tidak Melihat Adanya Papan Informasi APBNag 2019.
Seperti apa yang disampaikan salah seorang masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan.

Awak Sangko Di Piliah Jadi Walinagari Urang Nan Kayo, Tanyato Labiah Parah Lo Lai Dari Pado Walinagari Sabalun ko, Kalamak Di Paruik nyo Sajo. Kalau bulie Den Jujur, Manyasah Den Mamilie nyo Kapatang.

Berdasarkan hasil pembicaraan kami via telepon seluler dengan ketua LP-KPK Pesisir Selatan Ardinal. ST mengatakan bahwasanya penyelenggaraan negara atau badan publik harus transparan dan terbuka tentang penyelenggaraan Negara khusus nya anggaran yang bersumber dari APBD dan APBN, dan apabila ada diantara seperti Walinagari, camat atau kepala OPD mengatakan bahwasanya RAB tidak bisa di berikan kepada masyarakat (apalagi atas permintaan tertulis).

“Maka yang bersangkutan patut diduga melakukan persekongkolan atau permufakatan jahat, perbuatan melawan hukum dan Tindak Pidana Korupsi. Oleh karena itu yang bersangkutan patut dicurigai sebagai bagian dari Tindak Pidana Korupsi,” katanya.

IMG-20200114-WA0073

Sesuai dengan UU RI No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Pasal 4 ayat 1 berbunyi; Setiap orang berhak memperoleh informasi publik sesuai dengan ketentuan UU ini.

Selanjutnya Pasal 7 ayat 1 berbunyi; Badan publik wajib menyediakan, memberikan dan atau menerbitkan informasi publik.

Begitu pun peraturan perundang-undangan lainnya tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN (UU Tipikor).
“Demikianlah Ketua Komcab LP-KPK Pesisir Selatan menyampaikannya “.

Reporter/Penulis : Team

Editor/Publisher : jml

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA