by

BPNB Gelar Gau’ Maraja Di Center Point Of Indonesia Makassar

MAKASSAR , BrataPos.com – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) menggelar acara Gau’ Maraja dengan tema maritime cultural art festival, di Center Point Of Indonesia (CPI) Kota Makassar, Jum’at (25/10).

Drs. Faisal M.Si., selaku Kepala BPNB Makassar mengatakan, sangat bersyukur dengan di gelarnya acara dan pertunjukan Gau’ Maraja.

Perhelatan atau Gau’ Maraja ini di terangkan, bahwa Gau’ Maraja di angkat dari sebuah naskah lontara kuno I Lagaligo, yang artikan sebagai perbuatan atau suatu perhelatan.

Maraja sendiri adalah besar atau kebesaran, sehingga Gau ‘ Maraja merupakan suatu perhelatan besar atau acara kebesaran, seperti pesta panen, pesta pertemuan raja-raja dan pesta meriah lainnya.

Dengan adanya kegiatan Gau’ Maraja, tidak akan bisa tergelar kalau tanpa di dukung oleh pemerintah, sehingga kita patut bersyukur dan mengapresiasi acara gelaran ini, karena di dukung oleh pemerintah.

Ada makna terkandung dalam gelar Gau’ Maraja di CPI ini, yakni mengangkat keberanian dan spirit pelaut layaknya sekali layar terkembang pantang biduk surut ke pantai.

Dalam acara ini juga di hadirkan penari-penari dari sanggar seni, penampilan perahu lepa’-lepa’, perahu bagang rambo, dan perahu phinisi beserta penari-penari di atas perahu tersebut.

IMG-20191025-WA0431

Demikian juga, di meriahkan dengan kehadiran pelbagai sanggar seni dari daerah dan dari Sulawesi Barat.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Selatan yang di wakili oleh asisten II Pemprov. SulSel, Ir. Andi Hasbi, MT., mengatakan bahwa ini adalah perhelatan pertama yang di selenggarakan dengan meriah dan tentu Pemprov. SulSel mengapresiasi kegiatan yang di selenggarakan oleh BPNB Makassar, dalam gelar kegiatan budaya ini dan berterima kasih atas dukungan terhadap sanggar-sanggar seni di SulSel yang sangat kreatif dan menarik sehingga keberadaannya sangat mendukung dengan adanya program wisata maritim.

Reporter : hakim

Editor / publisher: zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA