178 Views
oleh

Mantan Kades Harjomulyo Kartono Dua Kali Mangkir Dalam Panggilan Reskrim Polres Jember, Kuasa Hukum Pelapor Turun Gunung

Jember , Bratapos.com – Terkait laporan dari masyarakat yang di wakili LSM GERPAS (Jumadi) ke Reskrim Polres Jember pada (29/7/2019) LP LM/233/VII/2019/Polres Jember/Reskrim. Untuk terlapor Kartono(48) mantan Kades Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Reskrim Polres Jember melakukan SOP sesuai prosedur untuk memproses laporan tersebut dengan memanggil satu per satu pihak-pihak yang terkait, yang mana telah di sampaikan SP2HP kepada Jumadi selaku pelapor.

Dalam laporan ke Polisi waktu itu terhadap Kartono selaku Terlapor, Jumadi melaporkan tentang Dugaan ada Pemalsuan tentan Surat Keterangan Pengganti Ijaza milik Kartono yang di buat mendaftar Pilkades Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang menurut warga setempat di duga Surat tersebut adalah Palsu.

Untuk pemanggilan para Saksi berjalan dengan lancar tidak ada kendala, tapi entah kenapa di saat pemanggilan Terlapor Kartono tidak mau Hadir, Ada Apa,? Ungkap Jumadi.

Panggilan pertama di layangkan Tanggal (29 Agustus 2019) Surat Panggilan nomor:B/959/IX/RES.1.9/2019/RESKRIM. Atas Nama KARTONO. Dsn Sumber Lanas Barat RT 02, RW 20, Ds Harjomulyo, Kec Silo, Kab Jember. Sesuai Surat Panggilan, Dan pada waktu itu pihak yang di panggil tidak Hadir tanpa ada konfirmasi sebelumnya, Tutur Jumadi.

“Panggilan Ke Dua di layangkan Tanggal (02 dan 03 Oktober 2019) Perihal Penyelidikan yang mana di cantumkan di Surat Panggilan Nomor:B/774/SP2HP.2/IX/RES.1.9/2019/RESKRIM. Nomor 3. yang berbunyi. Berdasarkan langkah yang dilakukan penyidik sebagaimana dimaksud pada poin di atas, berikutnya telah dikirim surat undangan permintaan keterangan terhadap SUHARI dan KARTONO untuk dilakukan introgasi pada hari Rabu dan Kamis tanggal 2 dan 3 Oktober 2019. Nomor 4. Rencana kegiatan yang selanjutnya yaitu melakukan introgasi terhadap SUHARI dan KARTONO pada hari Rabu dan Kamis tanggal 2 dan 3 Oktober 2019 untuk dapat melanjutkan proses penyelidikan, Kemudian penyidik juga akan melakukan penyelidikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Jember untuk mendapatkan klarifikasi / keterangan dari pejabat terkait. Imbuh. Jumadi.

Kuasa Hukum Pelapor Turun Gunung bersama Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) untuk mengawal masalah ini, Zaibi Susanto.SH.MH selaku Kuasa Hukum Pelapor langsung mendatangi POLRES Jember untuk menemui Penyidik menanyakan perkembangan hasil laporan Jumadi yang langsung di trima oleh Brigadir Yosep, “Saya meminta agar perkara ini segera di tindak lanjuti dan di tegakan se adil adilny”. Pesan Zaibi Selaku kusa Hukum Pelapor ke Penyidik Kamis,(17/10/2019).

Brigadir Yosep selaku yang menagani masalah ini mengatakan, “Semua saksi sudah kita panggil dan hadir, tapi si Terlapor kita panggil 2 kali tidak hadir dengan alasan sakit, itupun yang menyampaikan kuasa hukumnya dan saya mintak surat keterangan sakit dari Dokter, dan nanti pihak Terlapor kita Lidik di Polsek terdekat apabila kejauhan datang ke Polres”,Tutur Yosep.

Di tempat yang sama, Ahmad Sudirman ketua LP-KPK dan Muhammad Aziz Sutikno selaku sekretaris LP-KPK Pasuruan yang ikut serta mendampingi Kuasa Hukum Pelapor juga ikut prihatin tentang masalah ini dan juga meminta kepada Satreskrim Polres Jember agar segera di tindaklanjuti sesusai hukum, dan memintak Kepala Polres Jember agar Memproses masalah ini secara prosedur yang berlaku. Tutur Perwakilan LP-KPK Dengan Nada Semangat.

Reporter : (Lik/za/zis)

Editor / publisher : zai