oleh

Dinsos Aceh Selatan Gelar Bimbingan Keresahan dan Keserasian Sosial

Aceh Selatan  – Bratapos.com – Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan, Drs Dumairi, Jumat (04/10/2019) menggelar dan sekaligus membuka acara  Bimbingan  Keresahan Keserasian Sosial tahun 2019 di Gampong Gunung ketek Kec Samadua.

Acara Bimbingan Keresahan Keserasian Sosial tahun 2019 itu, turut dihadiri Muspika Kecamatan Samadua antara lain, Camat, Kapolsek, Koramil dan pendamping.

IMG-20191004-WA0350

Sedangkan, Kabid  Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan, Drs, Jufizal, pada acara Bimbingan Keresahan Keserasian Sosial tahun 2019 itu, mengatakan Dana Keserasian  tersebut  langsung  di berikan untuk dua Desa di Kabupaten Aceh Selatan yaitu Desa Gunung Ketek Kecamatan Samadua dan Desa Pisang Kecamatan Labuhan Haji imbuhnya.

Dana tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sosial Jakarta yang di tujukan pada Dinas sosial Kabupaten Aceh Selatan dan seterusnya disalurkan untuk dua Desa (Gampong) yaitu Desa Gunung Ketek  Kecamatan Samadua dan Desa Pisang Kecamatan Labuhan Haji pungkas Drs, Jufrizal.

Lanjutnya, Dana tersebut khusus di berikan oleh pihak Kementeria Sosial Jakarta untuk dua Desa di Kabupaten Aceh Selatan, dan dana itu tidak sama dengan dana ADG desa (Gampong).

IMG-20191004-WA0352

Dana Keserasian ini, khusus untuk mengatasi konflik Desa dengan Desa yang lain untuk menciptakan keserasian dalam bermasyarakat dan dana tersebut di dipergunakan untuk :
Pembagunan rehabilitasi sarana ibadah.

Pembuatan rehabilitasi jalan Desa, jalan setapak yang dibutuhkan warga,
Pembuatan tanggul, talud, gorong-gorong, saluran, dan irigasi.
– Pembangunan gedung serbaguna,kesejahteraan sosial, Pembuatan sarana olah raga, Pembuatan saluran air bersih, sumur bor dan tempat penampungan air, MCK, Pembangunan sarana penerangan desa, Pembuatan keranda dan tempat persemayaman paparnya.

IMG-20191004-WA0351

Kesempatan yang sama Ketua Pelaksana Forum Keserasian Sosial Kabupaten Aceh Selatan, Jamaris  menyampaikan keserasian sosial adalah kondisi sosial yang menjamin terciptanya relasi dan interaksi sosial antar warga masyarakat yang dinamis selaras dan seimbang untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesejakteraan kebersamaan dan persaudaraan sejati.

Kegiatan keserasian sosial rangkaian proses kegiatan secara bersama yang melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan pemanfaatan dan pengawasan agar tercipta kehidupan sosial yang harmonis dan penuh persaudaraan yang di landasi  semangat saling menghargai dan saling menghormati pungkasnya.

Reporter : Asmar

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA