oleh

Walikota Buka Acara SPIP 2019

Sidimpuan , Bratapos.com – Wakil Walikota Padangsidimpuan membuka secara resmi kegiatan Entry Meeting Rencana Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Pada Pemerintah Kota Padangsidimpuan tahun 2019. Jumat (4/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Inspektorat Daerah Kota padangsidimpuan, dan dihadiri oleh 13 OPD sampel dan tim Assesor Kota Padangsidimpuan.

Rahmat Marzuki, SH. MH selaku Inspektur Daerah Kota Padangsidimpuan melaporkan sesuai peraturan pemerintah no. 60 tahun 2018 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) telah memberikan amanat kepada setiap instansi pemerintah untuk menyelenggarakan SPIP dilingkungan Organisasi.

Penerapan SPIP yang terdiri atas 5 unsur, diharapkan dapat berjalan secara integral dalam setiap kegiatan instansi pemerintah.

Rahmat melanjutkan SPIP merupakan proses integral pada kegiatan dan tindakan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai, untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

Pelaksanaan penilaian mandiri / self assesment atas maturitas penyelenggara SPIP oleh Inspektorat Kota Padangsidimpuan sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis peningkatan level maturitas SPIP pada Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Adapun tujuan pelaksanaan penilaian mandiri atas maturitas SPIP olej Inspektorat Kota Padangsidimpuan adalah sebagai persyaratanmeminta penjaminan kepada BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Rahmat juga melaporkan Bimbingan teknis peningkatan Maturitas SPIP menuju level 3 oada pemerintah Kota Padangsidimpuan telah dilaksanakan sebanyak 3 kali, Bimtek pertama pada hari selasa tanggal 26 februari 2019b bertempat diaula Inspektorat yang dibuka resmi oleh Walikota Padangsidimpuan Bapak Irsan Efendi Nasution, SH.

Dan tim BPKP perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Bimtek ke dua dilaksanakan pada hari kamis dan jumat 23, 24 mei 2019 juga bertempat diaula Inspektorat Kota Padangsidimpuan, Bimtek ke tiga juga diadakan diaula Inspektorat Kota Padangsidimpuan pada tanggal 23, 25 September 2019.

IMG-20191004-WA0173

Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM dalam arahannya mengatakan bahwa dalam rangka penilaian mutu mandiri maturitas SPIP dilingkungan pemerintah Kota Padangsidimpuan sesuai dengan surat Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Nomor: S-1184/PW02.3.1/2019 tanggal 18 September 2019 tentang bimbingan teknis peningkatan level maturitas SPIP Pemerintah Kota Padangsidimpuan tahun 2019.

Wawako Arwin meneruskan kegiatan ini dilakukan dari tanggal 30 September sampai dengan 21 Oktober 2019 oleh tim Assesor dari inspektorat Daerah Kota Padangsidompuan. “ penilain ini akan dilakukan oleh tim Assesor dari Inspektorat dari tanggal 30 September sampai dengan 21 Oktober 2019, selama 16 hari kerja”, ucapnya. Adapun tujuan penilaian mandiri SPIP adalah untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang baik serta menunjang keberhasilan reformasi birokrasi dipemerintah Kota Padangsidimpuan.

Arwin juga menekankan agar terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan keberhasilan reformasi birokrasi di Pemko Padangsidimpuan harus memeperhatikan beberapa poin seperti : pelaporan keuangan, pemerintahan yang handal, kegiatan yang efektif dan efisien taat pada peraturan dan perundangan – undangan serta iklim yang kondusif untuk mencegah korupsi (clean goverment).
Selanjutnya ada 5 unsur SPIP yakni:
1. Lingkungan pengendalian
2. Penilaian resiko
3. Kegiatan pengendalian
4. Informasi dan komunikasi
5. Pematauan harus diterapkan secara integritasi
Berdasarkan hasil penilaian maturitas SPIP saat ini Pemko Padangsidimpuan pada tahun lalu telah terdefenisikan dengan nilai maturitas 2,83 ( level 2 ).
Untuk itu Arwin berharap kepada 13 OPD sampel dapat memberikan data pendukung penjaminan atas penilaian mandiri tingkat penyelenggaraan maturitas SPIP tahun 2019 agar nantinya dapat menuju level 3 di Pemko Padangsidimpuan dan dapat meningkat dan memberikan hasil yang lebih baik untuk Padangsidimpuan yang BERSINAR.

Selanjutnya penandatangan berita acara persetujuan rencana penilaian mandiri maturitas SPIP oleh 13 OPD.

Reporter.Iwansumadi.

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA