oleh

Warga Desa Tlasih Sepakat Tutup Saluran Limbah UD Risky Yang Berbau Tak Sedap

SIDOARJO, Bratapos.com – UD Risky tak tepati janji,pada hari minggu tanggal 29/9/2019 pukul 07.30 sampai dengan selesai bertempat di perusahaan Home Industri atas nama pemilik UD Risky Alamat Desa Tlasih Rt 2 Rw 2 Kecamatan Tulangan,H.Nur Rohman/Hj Yuyun pemimpin UD Risky Tempat tinggal Desa Durung Bedug Kecamatan Candi Sidoarjo.

“Telah terjadi aksi warga yang sepontanitas penutupan saluran Limbah pabrik oleh warga Desa Tlasih yang dimotori oleh Karangtaruna Desa Tlasih dan juga warga sekitar, dengan Korlap Ketua Kartar Hadi Sangputra Umur 22 Tahun.

Pabrik bidang Usaha pengolahan sampah plastik menjadi biji plastiik, pabrik tersebut awal berdirinya sekitar tahun 2012 sampai sekarang, pabrik tersebut menghasilkan limbah cair yang berbau anyir yang berdampak kepada warga sekitar, ini terjadi sudah berkisar 7 tahunan, sehingga akibat buangan limbah tersebut juga mencemari sumber air warga yang masuk ke dalam sumur sumur warga, sumur berubah warna dan berbau tidak sedap sehingga tidak bisa dikonsumsi oleh warga sekitar dalam menjalankan kehidupan sehari hari seperti memasak atau cuci baju juga tidak bisa.

WhatsApp Image 2019-09-29 at 14.21.23

Dari akibat dampak yang ditimbulkan, terlihat pemilik pabrik tidak ada niatan untuk mnyelesaikan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati,alhasil akhirnya warga menutup/tidak mengoperasionalkan pabriknya, karena pemilik pabrik sudah melanggar kesepakatan ini sehingga warga sepontan melakukan penutupan saluran limbah yang melewati saluran warga.

Disamping itu warga sudah sekian lama menghargai etikat baik dengan pemilik pabrik, namun hingga saat ini tidak ada niat baik untuk mnyelesaikan kewajibannya dalam memenuhi standar  usaha berupa Home Industri.

Warga selama ini juga sudah berusaha untuk melaporkan kepda aparat Desa dan aparat penegak lainnya tetapi tidak ada respon dan cenderung diam, warga yang merasa kesal akhirnya melakukan tindakan penutupan salurai Limbah.

Tuntutan Warga Desa Tlasih sepakat untuk menutup jalur kordinasi/Musyawarah bagi pemilik pabrik, maupun siapapun yang menjebataninya. Kami berterimakasih kepada anggota aparat TNI/Koramil telah membantu juga memantau kegiatan ini sehingga dapat berjalan aman lancar,selama kegiatan penutupan berjalan tertib dan damai.

Reporter : sulton

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA