oleh

Proyek APBD Kabupaten Bekasi Disinyalir Tidak Transparan

BEKASI, Bratapos.com – Proyek Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi Tahun 2019 disinyalir tidak transparan.

Pasalnya, proyek leningan yang berlokasi di Kampung Lembang Rt.001/006 Dusun 3, Desa Karangpatri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi Jawa Barat ini, tidak memiliki Identitas Pekerjaan.

Meskipun demikian, pengawas, konsultan dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) Dinas terkait, seolah tidak menghiraukan hal tersebut dan membiarkan pekerjaan terus berjalan.

Proyek tersebut, menjadi tanda tanya warga sekitar, terkait kucuran anggaran yang dikelola.

“Ya kami warga sekitar berhak dong, menanyakan anggaran dari mana, kalau dari kabupaten berarti harus jelas juga Dinas yang mengelolanya.

Jika memang dikerjakan oleh kontraktor, kami selaku warga berhak mengawasi proyek yang bersumber dari uang masyarakat,”ungkap Wardi (39) warga sekitar.

Menyikapi proyek tersebut, TB.M Ayubi Sopiani Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) MAC Pebayuran angkat bicara.

“Jika proyek APBD dikerjakan oleh kontraktor itu harus jelas, jangan membodohi masyarakat.

Menurut pandangan saya yang sudah investigasi kelapngan, pekerjaannya pun saya rasa tidak sesuai dengan spesifikasi,”ungkapnya. Selasa (1/10).

Ayubi berharap kepada Dinas terkait agar bertindak tegas kepada kontraktor yang menyalahi aturan.

“Saya berharap kepada pengawas, konsultan maupun PPTK Dinas terkait, agar bisa memberikan teguran atau sanksi kepada kontraktor yang tidak bisa mempublikasikan proyek tersebut.

Semuanya harus jelas, karena itu bukan anggaran pribadi. Mengingat Undang-undang Nomor 14 tahun 2008,”tandasnya.

Reporter : wro/zw

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA