by

Miris..! Pasien Peserta BPJS KIS Ditolak Blud Puskesmas Megang

LUBUKLINGGAU, BrataPos.com – Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) tak serta-merta mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Bahkan mendapatkan perlakuan yang tak menyenangkan.

Betapa tidak, boro-boro ditangani agar sembuh dari sakitnya. Pasien malah ditolak dengan dalih yang tak masuk akal. Hendak berobat malah disuruh ditunda. Lalu apa gunanya Kartu BPJS kesehatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini.?

Cerita duka tersebut dialami oleh Kiska Diansari, warga Cianjur, Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Bermula dirinya mengalami Sakit Gigi, lalu pergi untuk berobat ke BLUD Puskesmas Mengang, di Jalan Nangka, RT. 01 No. 36, kelurahan Ponorogo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Setibanya di UGD BLUD Puskesmas Mengang tersebut, dia ditanya oleh salah seorang pelayan. Sembari menjawab pertanyaan Kiska mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sontak ketiga pelayanan kesehatan itu saling menguatkan dan mengatakan bahwa UGD hanya melayani pasien kecelakaan saja. Sabtu, (21/9/2019).

“Ibu kalau mau berobat hari Senin saja, ke dalam. UGD hanya melayani pasien kecelakaan saja, ini peraturan baru Bu”, kata ketiga pelayan kesehatan saling menguatkan.

Kiska menuding, bahwa dirinya ditolak untuk berobat tersebut lantaran mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Karena menurut Kiska, dirinya pernah membawa keponakannya Pasien Umum berobat di UGD yang sama dilayani dengan membayar Rp. 15 ribu.

“Indikasinya, karena uang sejumlah lima belas ribu itu, saya ditolak,” kata Kiska sambil meneteskan air mata.

Sementara itu, kepala Puskesmas Mengang Hj. Titin Wuryaningsih, beberapa kali hendak dikonfirmasi selalu tidak ada ditempat.

“Besok saja pak, ibu kepala sedang keluar”, ujar salah seorang staf.

Reporter : Spd

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA