oleh

Giat Penyuluhan Penggunaan Bahasa media masa di Grobogan

Grobogan , Bratapos.com – Demi meningkatkan kosa kata penggunaan bahasa indonesi.Pemerintah Kabupaten Grobogan mengadakan penyuluhan penggunaan Bahasa MEDIA MASSA dengan baik dan benar,senin 30 /09/2019 sekira pukul 08.30 sampai selesai. Dalam acara tersebut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Sumarsono,Dari Balai Bahasa Jawa Tengah Ka Dr.Tirto Suwondo,M.Hum.Ka.Dinas Pendidikan Amin Hidayat.pemkab Grobogan,Dinas Dinas Kab.Grobogan Dan Beberapa Media Diantaranya Bratapos, Lingkar Jateng,Murya kudus dan Suara baru. ” Ka.Balai bahasa Jawa Tengah,Dr.Tirto Suwondo, M.Hum. memparkan;Bahwa penggunaan bahasa pada Media luar ruang dan badan publik masih banyak yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia. penggunaan bahasa indonesia pada media luar ruang masih banyak yang tidak mengutamakan bahasa Indonesia,Tetapi Justru menonjolkan bahasa Asing.

Penggunaanbahasa pada naskah Dinas dan Persuratan dilingkungan badan publik diJawa tengah,Sangat berpengaruh pada kelancaran,baik antar lembaga intralembaga publik,sehingga perlu dijaga keberitaanya dari segi kaidah kebahasaan maupun norma sosial.”Ujarnya “Sekertaris Daerah,Dr.Ir.Muhammad Sumarsono, M.Si. menyebutkan bahwa di kabupaten Grobogan maraknya Media Massa di Grobogan haruslah santun dalam menggunakan bahasa Indonesia dan jangan menyebarkan berita hoax,Dalam penulisan harus bisa dipahami jangan ada unsur sara.

Sebagaiwarga Indonesia yang baik tidak boleh kehilangan jati diri kita sebagai Putra Daerah.”pungkasnya. “Sutarsih, M.Pd. selaku peneliti(pemantau) bahasa Media Massa menambahkan mengajak para Jurnalis harus memiliki bahasa dan sifay sifat khas,yaitu singkat padat dan jelas.Bahasa jurnalistik harus didasarkan pada bahasa baku.

BahasaI wajib digunakan dalam informasi melalui Media Massa(UU No.24 Tahun 2009 Pasal 39 ayat 1).Untuk Media massa harus memperkanlkan gaya kosa kata bahasa yang santun.”Imbuhnya.

Reporter : Arief

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA