oleh

Rasa Duka”Tinggal di Kawasan Hutan Lindung dan Hutan Produksi”

Landak KalBar , Bratapos.com – Disuatu Desa terletak di wilayah Hutan Lindung dan Hutan Produksi yang seharusnya mendapat perhatian khusus sari pihak terkait namun kenyataannya jauh dari kenyataan, Selasa (07/09/2019).

Desa Ladangan, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, KalBar salah satunya tempat tersebut yang jauh dengan perhatian selama ini.

Awak media BrataPost mendatangi rumah kediaman Sekretaris Desa yang telah  mendampingi empat Kepala Desa dan dua kali jadi pejabat sementara Kepala Desa Ladangan yakni A. Paulus. S. menceritakan, di masa penantiannya menyongsong pensiun dengan  berbagai kesan dan pengalaman serta derap pembangunan yang ada di Desa Ladangan.

“Dari sisi fasilitas  umum yang  ada di antaranya SMPN ada satu, SD ada tiga, di Desa Ladangan jumlah penduduk 2.200 jiwa dengan berpenghasilan dari hasil karet dan padi, itupun minimnya fasilitas pendukung irigasi, serta areal sawah yang sempit, membuat penghidupan  ekonomi masyarakat kurang cepat,”ucapa Paulus.

Lanjutnya di sisi lain status hak atas tanah yang di garap dan  tempat di bangunnya rumah, masih sebagian besar berstatus hutan lindung 100 ha, hutan produksi 400 ha.

“Belum di lepaskannya status HL dan HP terhadap kawasan yang melekat di Desa Ladangan mempengaruhi drap pembangunan berkelanjutan dibidang perumahaan BSPS, program sertifikat tanah sistem lengkap, legalitas surat tanah bangunan yang  hanya bisa SKT,”jelasnya.

Pihaknya berharap dengan sangat mohon kebijakan para pihak terkait agar mempercepat pelepasan status tanah di Desa Ladangan.

“Terus terang kami yang berada di wilayah hutan lindung dan hutan produksi masih banyak kekurangan, salah satu contoh jaringan listrik di dusun soretn dan timpakng, air bersih belum tercaver, dan khusus di tenaga pembinaan bidang pertanian kami merasakan kurang maksimal,”pungkas Paulus.

Reporter : RINTO ANDREAS / DOMINIKUS TOLEK

Editor / Publisher : dr

REKOMENDASI UNTUK ANDA