oleh

Antisipasi Karhutla, “Tiga Pilar Pronojiwo Gelar Operasi Gabungan Bersekala Besar

LUMAJANG , Bratapos.com – Wilayah Daerah Kecamatan Prinojiwo Kabupaten Lumajang Jawa timur, termasuk kawasan hutan lindung. kawasan hutan di daerah Pronojiwo juga penyanggah ekosistem Flora dan Fauna di lereng Gunung semeru, yang terdapat hutan pinus yang cukup luas.

Untuk mengantisipasi adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah), dari jajaran Anggota Polsek Pronojiwo, dan Perhutani Pronojiwo juga Anggota personel TNI dari Koramil 0821/14 Pronojiwo, serta petugas Taman Nasional Pronojiwo, dan beberapa Anggota Satgas Keamanan Desa (SKD) Tamanyu Kecamatan Pronojiwo telah melakukan patroli gabungan dengan cara menelusuri puluhan hektar hutan wilayah Pronojiwo Memastikan agar tidak terjadi kebakaran hutan.

IMG-20190925-WA0169

Patroli bersekala besar ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Pronojiwo Iptu. Basuki Rahcmad SH., yang dibantu oleh Dan Ramil Kapten Infatri. Anur Rofiq SH., dan dari Asper Perhutani, Indra Gunawan.

Kapolsek Pronojiwo Iptu. Basuki Rahcmad SH.,mengatakan bahwa,”Polsek Pronojiwo bersinergi dengan TNI, Perhutani, Trantip Kecamatan, Satpol PP, juga dari Satgas Keamanan Desa telah melakukan Operasi bersekala besar, Operasi tersebut untuk antisipasi terjadinya Karhutlah di wilayah Pronojiwo. Saya juga mensosialisasikan ke Masyarakat jangan pernah main-main tentang masalah yang bisa menimbulkan kebakaran hutan, kerena saya tak ingin seperti wilayah lain yang lagi viral akibat asap. Karena asap sangat mengganggu jalannya pernapasan, dan saya sudah buat tim gabungan untuk berpatroli bergantian dilapangan,” tegas Kapolsek

IMG-20190925-WA0167

Sementara itu Asper Perhutani Indra Gunawan juga mengatakan, “Kegiatan Operasi ini menindak lanjuti perintah dari Direksi Perum Perhutani terkait antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah). Dan patroli gabungan ini adalah sebuah kemajuan bagi Pronojiwo, karena sudah bersinergi antara Polsek, Dan Ramil, pihak Kecamatan,dan taman Nasional melupetiri dengan perhutani. karena ini adalah suatu amanah terkait antisipasi yang selama ini menjadi momok bagi intansi-intansi terkait dengan pengelolaan kawasan hutan, baik itu taman Nasional maupun Perhutani dan sekarang berjalan bersama dan bersinergi. saya harap untuk wilayah BKPH Pronojiwo maupun wilayah taman Nasional melupetiri bisa mengantisipasi secara dini dan semaksimal mungkin guna mencegah terjadinya Karhutlah, juga menyadarkan Masyarakat bahwa begitu pentingnya kawasan hutan,” ujarnya

IMG-20190925-WA0166

Ditempat terpisah, Dan Ramil Kptn.Infantri Ainur Rofiq SH., juga menjelaskan bahwa, “Memberikan pemahaman kepada semua Masyarakat itu juga lebih penting agar tak membakar lahan sembarangan, apalagi adanya cuaca seperti ini,saya juga sudah menghimbau kepada semua Anggota terutama kepada semua Babinsa agar mensosialisasikan kepada Masyarakat agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan, jangan sampai terjadi kebakaran seperti tahun-tahun kemarin. Apalgi untuk wilayah Hutan Pronojiwo ini sangat extrim medannya,jangkauan air juga sulit Damkar tidak akan memumpuni untuk mencapai lokasi jika terjadi kebakaran karena tebing tebing yang sangat extrim,” Pungkasnya Kapten. Ainur Rofiq.

Reporter : Shelor

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA