oleh

Anggaran 967 Juta, Untuk Bangun Ruas Jalan Pongangan Plalangan

Keterangan foto : Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono (Helm putih) terjun langsung di lapangan mengawasi pengecoran jalan poros desa di Dusun Wonorejo.

KENDAL, BrataPos.com – Pada tahun anggaran 2019, Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Kabupaten Kendal sebesar Rp. 967.000.000 Juta dan Bantuan Provinsi (Banprov) sebesar Rp. 200.000.000 Juta.

Kepala Desa Sidomakmur Bambang Sukaryono, saat ditemui Tribunsatu di kantornya, Rabu (24/9/2019), mengatakan bahwa dana dari APBD Kendal digunakan untuk peningkatan jalan Pongangan menuju Plalangan dan dana Banprov digunakan untuk membangun jalan poros desa di Dusun Wonorejo.

“Dana dari APBD Kendal digunakan untuk peningkatan jalan kabupaten berupa jalan rabat beton sepanjang 600 m, lebar 4 m dan tebal 15 cm. Sementara itu, dana Banprov digunakan untuk rabat beton jalan poros desa di Dusun Wonorejo sepanjang 300 m, lebar 4 m dan tebal 15 cm,” papar Bambang.

Bambang menambahkan bahwa, untuk ruas jalan poros desa, selain dari Banprov, Pemdes Sidomakmur juga menganggarkan dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 78.000.000, yang akan digunakan untuk membangun jalan rabat beton di Dusun Wonorejo sepanjang 105 m lebar 4 m dan tebal 15 cm.

Sementara itu, Ruas jalan Pongangan menuju Plalangan juga masih ada yang belum dibangun kurang lebih sepanjang 1.500 m.

Terkait hal tersebut, Bambang mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, agar pada tahun anggaran 2020 yang akan datang bisa dianggarkan lagi.

PicsArt_09-25-02.56.07

Secara terpisah, Syaefudin, salah seorang warga Dusun Wonorejo, mengatakan bahwa dengan adanya pembangunan jalan di dusunnya, akan sangat membantu dalam kelancaran transportasi dan pengembangan perekonomian warga.

Camat Kaliwungu Selatan Boedi Koentjoro, mengatakan bahwa adanya anggaran dari APBD Kendal, Banprov dan Dana Desa yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan di Desa Sidomakmur, jelas akan sangat berpengaruh pada kelancaran transportasi dan pembangunan ekonomi masyarakat desa.

“Saya sudah menyampaikan kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan agar fokus dan memacu pembangunan jalan. Setelah itu, Dana Desa bisa dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat desa terutama bidang pengembangan perekonomian,” tegas Boedi.

Reporter : Adp***

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA