oleh

Walikota Keluarkan Surat Instruksi Libur Sekolah

SIDIMPUAN, Bratapos.com – Irsan Efendi Walikota Padangsidimpuan akhirnya mengeluarkan surat intruksi yang ditandatangani Wakil Walikota Padangsidimpuan, Arwin Siregar No : 660.32/5380/2019 Tanggal 23 September 2019 tentang antisipasi dampak kabut asap.

Surat instruksi itu di tujukan kepada Kepala-kepala sekolah PAUD/TK, SD,SMP dan SMA sederajat untuk meliburkan siswanya terhitung Tanggal 24-25 September 2019. Bila kondisi kabut asap semakin mengkhawatirkan kemungkinan libur sekolah diperpanjang.

“Kita dapat telepon tadi dari sekolah anak-anak libur,”ujar sejumlah orang tua kepada orang tua yang masih belum mengetahui perkembangan terkait informasi libur pada hari ini.

“Kita tidak tau, sehingga anak-anak sudah dalam keadaan bersiap untuk berangkat ke sekolah,” ujar orang tua lainnya sambil memastikan kalau informasi libur benar adanya dari sekolah.

Puluhan siswa masih terlihat dipinggir jalan bersiap untuk berangkat sekolah. Siswa SD dan TK bahkan SMP dan SMA dengan seragam lengkap banyak yang belum mengetahui bahwa surat intruksi libur ternyata sudah ada, sehingga banyak yang sudah terburu berangkat sekolah.

Bisa dimaklumi kalau surat intruksi libur sekolah baru dikeluarkan Walikota Padangsidimpuan hari kemarin. Pasalnya semalam uji sampling laboratorium kabut asap baru dilakukan.

Dibuat dengan pertimbangan meningkatnya potensi kebakaran hutan dan lahan serta terdampaknya Kota Padangsidimpuan akibat asap kiriman dari provinsi lain dan hasil rata-rata pemantauan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) termasuk kategori tidak sehat.

Dalam surat tersebut Walikota menginstruksikan beberapa hal penting. Yaitu :

1. Forkopimda, Kepala OPD Se-Kota Padangsidimpuan;
2. Sekolah PAUD/TK/RA Se-Kota Padangsidimpuan;
3. SD/MI/MDA Se-Kota Padangsidimpuan;
4. SMP/MTS-Se Kota Padangsidimpuan; dan
5. SMA/SMKIMA Sederajat Se-Kota Padangsidimpuan.
Untuk:

KESATU:
1. Sekolah PAUDITK/RA Se-Kota Padangsidimpuan untuk meliburkan proses belajar mengajar siswa/siswi pada hari Selasa tanggal 24 September s/d pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 dan menunggu informasi selanjutnya perihal dampak asap kebakaran hutan dan lahan.

2. SD/MI/MDA Se-Kota Padangsidimpuan untuk meliburkan proses belajar mengajar siswa/siswi pada hari Selasa tanggal 24 September s/d pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 dan menunggu informasi selanjutnya perihal dampak asap kebakaran hutan dan lahan.

3. SMP/MTS-Se Kota Padangsidimpuan untuk meliburkan proses belajar mengajar siswalsiswi pada hari Selasa tanggal 24 September s/d pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 dan menunggu informasi selanjutnya perihal dampak asap kebakaran hutan dan lahan, dan

4. SMA/SMK/MA Sederajat Se-Kota Padangsidimpuan untuk meliburkan proses belajar mengajar siswa/siswi pada hari Selasa tanggal 24 September s/d pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 dan menunggu  nformasi selanjutnya perihal dampak asap kebakaran hutan dan lahan.

KEDUA:

Untuk para tenaga pendidik tetap memberikan tugas pembelajaran di rumah kepada siswa/siswi dan mengarahkan siswa/siswi mengurangi aktivitas di luar rumah.

KETIGA :

Kepada Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kota Padangsidimpuan agar memberikan dukungan sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam rangka optimalisasi pengendalian asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

KEEMPAT:

Untuk Kepala Puskesmas menghimbau masyarakat mengurangi aktivitas
di luar rumah dan serta berperan aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal yang terdampak akibat kabut asap di wilayah Kota Padangsidimpuan.

KELIMA :

Khusus kepada Kepala BPBD Kota Padangsidimpuan dan Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Padangsidimpuan tetap siaga dan pro-aktif dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi dampak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Padangsidimpuan

KEENAM :

Melaksanakan instruksi Walikota Padangsidimpuan ini dengan penuh tanggungjawab. Instruksi ini mulai berlaku.

Reporter : Iwansumadi

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA