oleh

Timbulkan Pencemaran Lingkungan, TPA Pagergunung Ditutup

KENDAL , Bratapos.com – Persoalan sampah di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, tampaknya masih belum menemukan solusi yang tepat.

Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan dan TPA di Desa Pagergunung Kecamatan Pageruyung, menuai protes dari warga karena polusi yang ditimbulkannya seperti asap dan bau yang menyengat, juga telah memunculkan masalah baru yaitu gangguan kesehatan terutama penyakit ISPA.

Namun hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Kendal belum memiliki TPA pengganti yang permanen dan memadai.

Sementara itu, Warga Desa Pagergunung yang menghendaki agar TPA yang ada di desanya segera ditutup, Selasa (24/9/2019), mengadakan rembug warga dan dilaksanakan di balai desa setempat.

Rembug warga tersebut disambut positif oleh Bupati Kendal dr. Mirna Annisa MSi. Tampak hadir pula, Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, Komandan Kodim Kendal Letkol Ginda Muhammad Ginajar, Kepala DPUPR Ir. Sugiono, Camat Pageruyung Dwi Cahyono Suryo, Kades Pagergunung dan para tokoh masyarakat Desa Pagergunung.

Pada kesempatan tersebut, Sumarno, salah seorang warga dari RT. 01/ RW.04, menyampaikan kepada Bupati Kendal bahwa akibat asap dari pembakaran sampah di TPA, saat ini dirinya telah terserang batuk yang sangat mengganggu aktifitasnya sehari-hari dan meminta agar TPA yang ada segera ditutup sebelum dampaknya semakin meluas.

Setelah mendengarkan aduan dari warga desa, Bupati Kendal mengatakan bahwa, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Kendal sudah menutup TPA Pagergunung pada hari Senin tanggal 23 September 2019. Untuk itu, pembuangan sampah akan dialihkan ke TPA yang lama di Desa Darupono.

” Sekarang tanah yang ada di TPA sudah diratakan dan dapat dimanfaatkan oleh warga untuk bercocok tanam. Tanah di lokasi bekas TPA adalah tanah subur karena mengandung kompos dan sangat baik untuk tanaman. Namun masyarakat tidak bisa menguasainya sebagai tanah hak milik karena tanah tersebut milik negara “, tegasnya.

Di akhir penyampaiannya, Mirna Annisa berpesan agar warga masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya terhadap lingkungan dan mampu mengelola sampah dengan baik.

Secara terpisah, Camat Pageruyung Dwi Cahyono Suryo, saat ditanya terkait pembuangan sampah dari Warga Kecamatan Pageruyung setelah TPA Pagergunung ditutup, mengatakan bahwa sampah akan dibuang di TPA Darupono dan di Dusun Cebak.

” Terkait dengan lokasi pembuangan sampah di Dusun Cebak, yang tahu persis adalah Dinas Lingkungan Hidup Kendal “, kata Dwi.

Reporter : Adp

Editor / Publisher : zai