oleh

Rumput Gajah Maut, Sebabkan Satu Orang Tewas

SITUBONDO, BrataPos.com – Akibat berebut pakan ternak berupa rumput gajah, Dayat alias Nurhasan (40), warga Dusun Ranurejo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur harus kehilangan nyawa satu-satunya.

Korban Dayat meregang nyawa setelah berduel dengan Suhari, (55) warga setempat pada Rabu petang (18/9/2019). Kronologis kejadiannya menurut Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur, awalnya korban menyabit rumput gajah sekitar pukul 16.35 WIB di sawah milik saudara Ipar Suhari.

Melihat Dayat sedang menyabit rumput gajah di sawah iparnya, spontan Suhari langsung menegur Dayat mengapa menyabit rumput gajah yang dipelihara dan dipupuk.

Tidak terima ditegur, tanpa basa-basi Dayat langsung menyabetkan aritnya ke arah Suhari. Sabetan itu mengenai dada Suhari dan menyebabkan luka robek. Mendapat perlakuan seperti itu, spontan Suhari juga menyabetkan arit di tangannya ke tubuh Dayat. Sabetan tersebut mengenai leher Dayat dengan luka cukup parah.

Lalu sekitat pukul 16.45 WIB, keduanya dilarikan ke Puskesmas Banyuputih untuk mendapatkan perawatan medis. Namun Dayat harus dilarikan ke RSUD Asembagus karena lukanya parah dengan kondisi kritis.

Sekitar pukul 18.20 Dayat dinyatakan meninggal dunia oleh petugas RSUD Asembagus. “Berdasarkan keterangan beberapa saksi dan pelaku, kasus carok yang menyebabkan jatuh korban jiwa ini murni spontan, tidak direncanakan sebelumnya,” ujar Kasat Reskrim.

IMG_20190919_085843

Setelah mendapatkan perawatan medis awal, Suhari kemudian diamankan ke Mapolres Situbondo. Dua bilah sabit yang digunakan untuk carok oleh pelaku dan korban turut diamankan Polisi.

“Pelaku bersama barang bukti dua bilah sabit kita amankan, tapi mengingat luka yang dialami pelaku butuh perawatan, maka dirawat di RSUD Abdurrahem Situbondo dengan penjagaan ketat,” terang AKP Masykur.

Peristiwa duel maut dipetang hari itu rupanya mendapat perhatian dari warga. Sejak proses evakuasi dari TKP ke Puskesmas Banyuputih hingga korban dilarikan ke RSUD Asembagus, banyak warga mengikutinya.

Bahkan ada beberapa warga yang menyayangkan perkelahian hingga berujung maut hanya gara-gara rumput.

Reporter : Dayat

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA