oleh

Sedekah Bumi Mengingat Jasa Leluhur Menuju Dusun Yang Makmur

GRESIK, BrataPos.com – Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia kepada sang pencipta.

Sedekah bumi ini hendaknya dilestarikan dan ditata sebaik mungkin, karena memiliki kekuatan religi. Tingginya nilai-nilai agama ini, terlihat dalam acara sedekah bumi yang diadakan di Dusun Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Minggu (8/9/2019).

Sedekah bumi yang satu ini lain dari dusun-dusun yang biasanya mengadakan ritual sedekah bumi. Karena acara ini dikemas secara agamis, dimana semua mushola dan masjid yang ada di dusun Kepatihan mengadakan khataman al-qur’an secara bersama-sama. Sehingga terdengar orang membaca al-qur’an dimana-mana.

Menurut tokoh agama dusun Kepatihan Misbahul Umam sekaligus Dai kamtibmas kecamatan di dusun Kepatihan ini ada 8 mushola dan 1 masjid yang melaksanakan khataman al qur’an secara bersama-sama dalam rangka acara sedekah bumi.

IMG-20190908-WA0026

Tujuannya, kita mengharap keberkahan dari al qur’an dan mendoakan para leluhur yang babat alas dusun Kepatihan agar warganya hidup rukun, damai selamat dan bahagia. Supaya menjadi dusun yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofurr yang penuh keberkahan.

Sementara itu kepala desa Kepatihan pj Hardi tujuan dari acara ini adalah kita mencari berkah dan bersyukur atas segala yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Saya minta maaf bila selama menjabat di kepatihan ada kesalahan, karena ini hari yang terakhir menjabat dikepatihan. Harapannya mari kita dukung program -program pemerintahan baru dan mohon maaf bila ada kekurangan dan terus belajar dan belajar.

Reporter : anam
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA