oleh

Sampah Di Tangan Ibu ibu PKK Desa Besuki Di Sulap Menjadi Taman Bunga.

-Terbaru-1.392 views

Trenggalek,Bratapos.com- Daur ulang sangatlah istimewa, terutama ketika kita dapat mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna. Kali ini ibu ibu PKK desa besuki kecamatan panggul kabupaten trenggalek mencoba untuk menampilkan ide menghias kampung dan taman dengan menggunakan botol plastik bekas. Ubah botol-botol bekas yang biasanya dibuang untuk menghias taman dan tanaman favorit di taman atau di kebun, sekaligus untuk mengurangi jumlah sampah.

Sebagian besar botol minuman air mineral yang beredar terbuat dari plastik, barangkali banyak orang yang melihat itu adalah sampah, tapi siapa sangka ternyata botol plastik bekas adalah bahan yang cukup berguna, awet, fleksibel, transparan, dan aman untuk digunakan kembali. Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari botol plastik, mungkin saja tak terhitung jumlahnya. Seperti ibu ibu PKK desa besuki ini mencoba untuk fokus kepada penggunaan botol plastik untuk menghias kampung dan taman pintu masuk desa agar nampak indah dan kreatif

Ketua Tim Penggerak PKK Desa besuki Sundari 39 tahun Saptu 07/09/2019 mengatakan selain menghias kampung dan menghias taman pintu masuk desa besuki dari barang bekas, juga membuat bunga dari daur ulang juga membuat lampion dan penjor.

sundari menuturkan untuk menghias taman membutuhkan ratusan botol plastik dan ribuan gelas plastik yang dikumpulkan dari ibu ibu PKK.

“Hal ini kami lakukan bermula dari keprihatinan melihat botol plastik bekas yang sering dibuang begitu saja setelah digunakan, kemudian kami mengajak warga masyarakat untuk mengumpulkannya dan momentum bulan Agustus tahun ini kami manfaatkan untuk berkreasi membuat hiasan dari barang-barang bekas tersebut,” katanya.

hiasan taman yang terbuat dari gelas dan botol plastik tersebut di tengahnya terdapat kerangka dari kayu dan bambu kemudian gelas dan botol plastik itu ditata sedemikian rupa dengan direkatkan menggunakan lem dan kawat agar kelihatan rapi dan menarik untuk di kunjungi.

Sundari menuturkan untuk membuat kreasi ini membutuhkan waktu lama karena tidak mengerjakannya secara penuh tiap hari, tetapi saat senggang saja.

Ia mengatakan dengan memanfaatkan barang bekas tersebut, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk semakin sadar menjaga kelestarian lingkungan.

“Jangan membuang botol plastik sembarangan, sampah yang masih bisa bermanfaat itu bisa didaur ulang. Semua hiasan untuk menyambut ulang tahun Kemerdekaan RI ini kami buat menggunakan barang bekas, asesoris juga menggunakan kain perca,”

Tentunya kegiatan yang dilakukan ibu-ibu PKK seperti ini akan mampu memberikan stimulus positif bagi lingkungannya. menciptakan Lingkungan yang asri dan hijau, sehingga tercipta lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, bumipun akan selamat pungkas sundari yang murah senyum tersebut.

Reporter : Yanto

Editing/publish : Wit

REKOMENDASI UNTUK ANDA