oleh

Odelia: Peran Media Jangan Dipandang Sebelah mata

KENDAL, Bratapos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal Jawa Tengah gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan Media, Selasa (3/9/2019), di ruang Merak Tirtoarum Baru Kendal.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Odelia Amy Wardani, S.Sos berikut 3 Komisioner yaitu, Arief Muthofifin, SHI selaku Kordiv Data dan informasi), Wahidin Said SH MH selaku Kordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga dan Firman Teguh Sudibyo sebagai Kordiv Penyelesaian sengketa.

Kegiatan Rakernis diikuti oleh jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik, maupun online, yang tergabung dalam Perkumpulan Wartawan Online Independen ( PWOI ) Kendal dan Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kendal.

Jurnalis dari berbagai media saat mengikuti Rakernis Bawaslu Kabupaten Kendal / foto cak wer
Jurnalis dari berbagai media saat mengikuti Rakernis Bawaslu Kabupaten Kendal / foto cak wer

Datang juga Mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Kendal ( IMAKEN ) Cabang Unifersitas Islam Negri ( UIN ) Walisongo Semarang.

Dalam sambutannya, Odelia Ami Wardayani S.Sos mengatakan bahwa diadakannya Rakernis Bawaslu dengan media adalah bertujuan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dalam penyampaian program-program Bawaslu kepada masyarakat luas menjelang berlangsungnya Pilkada Kabupaten Kendal pada tahun 2020 yang akan datang.

” Bawaslu sangat berkepentingan dalam menyampaikan program-programnya kepada masyakat sehingga masyarakat memahami proses Pilkada dari awal hingga akhir. Di sini, media massa memegang peran dan andil yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata “, kata Odelia.

Sementara itu, Wahidin Sa’id SH dalam penyampaian materinya berupa kaledoskop proses Pemilu tahun 2019 mengatakan bahwa dari banyaknya permasalahan dalam proses Pemilu 2019, Bawaslu telah melakukan tugas pengawasannya, satu diantaranya yaitu melakukan pengawasan dan sinkronisasi data pemilih.

Menurut Wahidin Sa’id, Bawaslu menemukan banyak sekali adanya data pemilih ganda sehingga Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal untuk melakukan sinkronisasi data pemilih.

” Selain itu, terkait dengan kotak suara yang terbuat dari karton, juga menjadi permasalahan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus “, kata Wahidin.

Firman dari devisi penyelesaian sengketa mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu 2019 tidak terjadi sengketa atau zero sengketa karena tidak ada satu pihakpun yang mengajukan surat permohonan penyelesaian sengketa.

Firman menambahkan bahwa sebenarnya Bawaslu telah melakukan sosialisasi terkait dengan sengketa pemilu kepada partai politik peserta pemilu, namun hingga akhir proses pemilu tidak ada pihak yang mengajukan surat keberatan hasil pemilu.

Sementara itu, Arif Mustofifin dari Humas, menyampaikan materi terkait dengan fungsi kehumasan dan adanya kemungkinan Bawaslu tidak bisa mengawasi Pilkada karena terkendala dengan regulasi.

Reporter : Nardi CakWer/adp

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA