oleh

Dinas DPMG aceh timur kangkangi uu kip no 14/2008

Aceh Timur , Bratapos.com – Idi-zonadinamika- sekretaris laki dpc aceh timur ikhsan mengatakan meskipun dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dijelaskan secara terperinci semua yang menyangkut persoalan kenegaraan dan kemasyarakatan serta kebijakan dan aturan-aturan, dan rencana program kerja yang diprogramkan setiap instansi, wajib diinformasikan ke masyarakat luas.

Namun ternyata UU KIP tersebut tidak digubris alias dikangkangi oleh Kepala Dinas DPMG Kabupaten aceh timur. Buktinya, ketika ormas laki menemui langsung menyurati Kadis DPMG Kabupaten aceh timur, Selasa lalu, yang bersangkutan tidak bersedia memberikan data yang dibutuhkan laki.Dinas DPMG disuruh ambil di kecamatan .

Kepala dinas DPMG meminta ormas laki untuk mengambil langsung kecamatan data inovasi desa tidak ada sama DPMG.
Bahkan ada kesan dia mempersulit dengan menyampaikan prosedur yang tidak masuk akal kepada kami. Menurut balasan surat kadis DPMG , jika menginginkan data Dokumen Penyelenggaraan dana inovasi desa kecamatan darul aman Anggaran (DPA) 2018, surat permohonan informasi publik yang dimohon laki. Apa yang disampaikan Kadinas DPMG tersebut.

Balasan surat DPMG yang ditujukan ke ormas laki sangat janggal dan aneh, karena tidak sesuai dengan perintah UU KIP No 14 Tahun 2008.

Akhirnya, dengan terpaksa ormas laki akan mengajukan sengketa informasi publik ke KIA aceh. kantor Dinas DPMG yang sebenarnya merupakan hak publik atau masyarakatTerkait dengan kenyataan tersebut, ikhsan sangat kecewa atas balasan surat kadis DPMG.

Menurut Ikhsan dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) No 14 Tahun 2008 dijelaskan secara seksama, apapun yang berkaitan tentang informasi publik maka harus disampaikan ke publik, ungkap ikhsan ,dinas DPMG sama sekali tidak mengerti tentang perintah UU KIP, atau sengaja tidak mau menjalankan UU tersebut. Kalau memang data tersebut tidak mau diberikan disembunyikan tidak mau diketahui oleh masyarakat luas, kasih tau yang sebenarnya, jangan memberi alasan tidak jelas tidak sesuai dengan prosedur. “Karena saya yakin, data tersebut tidak mau diberikan dan mempersulit dengan dalih melimpahkan ke kecamatan,” tandas ikhsan

Hingga sangat patut diduga, jika Kepala Dinas DPMG sengaja tidak memberikan data tersebut, karena ada sesuatu yang diduga dirahasiakan .

Reporter : Ikhsan

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA