oleh

1000 Tumpeng Pemdes Ganting, Hiasi Gebyar Pentas Seni

SIDOARJO, BrataPos.com – Perintah Desa Ganting, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo memperingati hari puncak Dirgahayu RI ke-74 tahun.

Dalam pelaksaan itu, segenap Pemdes Ganting juga melaksanakan perlombaan gebyar pentas seni dan tasyakuran 1000 tumpeng mini.

Hal itu, diikuti oleh seluruh warga masyarakat desa Ganting untuk mengikuti acara tersebut. Acara diselenggarakan oleh pemdes Ganting, di lapangan Ganting sekitar pukul 19.30 Wib Jumat (30/8/2019).

Acara gebyar kali ini Kusnadi selaku sesepuh di Pemdes Ganting  menjelaskan tentang arti filosofi gebyar pentas seni dan tasyakuran 1000 tumpeng mini.

Ia memaparkan, tumpeng mengandung arti dengan orang jawa tulen, yang ada artinya arep-arep tekane urip ngawiji ngandep mantep kang maha kuasa yaitu Allah SWT.

“Tumpeng yang artinya umat manusia khususnya agama islam yang bersyukur dan memohon doa-doa kepada yang maha kuasa. Maka Allah SWT akan selalu melimpahkan rahmatnya dan melimpahkan barokahnya,” jelas Kusnadi.

Didalam acara gebyar tasyakuran 1000 tumpeng mini tersebut, juga disertai penyerahan piala trhopy hadiah dalam rangka memperingati HUT RI. Tidak hanya itu, Pemdes Ganting mengadakan perlombaan dibeberapa Rt/Rw nya diantaranya.

Lomba karnaval, Lomba bola voly putra, Lomba sepakbola wanita, Lomba lingkungan bersih, dan Lomba penilaian 1000 tumpeng mini tingkat Rt dan Rw yang menghadirkam tim juri penilai dari DLHK sidoarjo.

IMG-20190831-WA0041

Hadir di acara gebyar tumpengan pemdes Ganting Forkopimka Gedangan, Camat Gedangan Agus Sujhoko, Danramil Gedangan kapt Inf. Heri Sugiono, Kapolsek Gedangan kompol Heri Siswoko, BPD, LPMD, Toga, Tomas, dan sesepuh desa Ganting.

Kades ganting Anuwar Rokib, SH saat ditemui awak media memaparkan, ini puncaknya terakhir dalam memperingati HUT RI ke 74. Warga masyarakat desa Ganting sifatnya wajib untuk mengikuti perlombaan dan gebyar pentas seni serta 1000 tumpeng mini dan warga masyarakat.

“Saya sangat antusias untuk mengikutinya, karena desa Ganting sudah terpilih menjadi juara 3 SBH tingkat kabupaten Sidoarjo,” pungkasnya.

Reporter : sult/alik
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA