oleh

Kasat Lantas : Sabuk Pengaman Fungsinya Sangat Penting Bagi Pengendara Mobil

BLORA, BrataPos.com – Operasi Patuh Candi yang digelar mulai 29 Agustus 2019, fokus pada penggunaan sabuk keselamatan (Safety Belt) bagi pengendara roda empat atau lebih. Hal tersebut dilakukan mengingat sangat pentingnya fungsi dari sabuk keselamatan bagi pengguna mobil.

Masih banyak orang yang tidak memahami tentang pentingnya menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara di jalan raya, yang juga merupakan salah satu faktor berfungsinya sistem keselamatan dalam berkendara.

Menurut Kasat Lantas Polres Blora AKP Edy Sutrisno S.H, sabuk pengaman adalah sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil agar tetap di tempat apabila terjadi tabrakan atau bila kendaraan itu berhenti mendadak, Jumat (30/8/2019).

“Sabuk pengaman didesain untuk mengurangi luka dengan menahan penumpang dari benturan, atau terlempar dari dalam kendaraan,” katanya, Pentingnya fitur keselamatan sabuk penumpang membuatnya jadi piranti yang wajib ada pada setiap mobil. Beragam model sabuk keselamata pun telah banyak digunakan dan terus dikembangkan. Berikut macam sabuk pengaman yang ada saat ini.

PicsArt_08-30-02.01.05

Sabuk pengaman dua titik, yaitu sabuk pengaman yang menggunakan sistem penahan dengan dua titik. Saat ini model dua titik jarang digunakan. Sementara sabuk pengaman tiga titik, yaitu sabuk pengaman yang membentuk satu jaringan yang sinambung. Jenis ini membantu menyebarkan energi dari tubuh yang bergerak dalam sebuah tabrakan ke dada, selangkangan dan bahu.

Sejak 1980-an hingga saat ini, sabuk tiga titik umumnya terdapat di kursi depan saja, sedangkan di kursi belakang hanya tersedia sabuk pangkuan.

“Ketentuan pemakaian sabuk pengaman, sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Pasal 57 Ayat 1 dan ayat 3 yang bunyinya: Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor.”Jelas AKP Edy.

Reporter : Bambang/adp
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA