oleh

Khenoki Waruwu Wakil Bupati Nias Barat Sumut Secara Resmi Buka Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat

Nias Barat , Bratapos.com – Bagian Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Nias Barat menyelenggarakan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) bertempat Hal Tokosa Onolimbu Kab. Nias Barat, Rabu 28/08/19.

Dalam laporannya Kepala Bagian ADEKON Rosedi Daeli, SE.,MM menjelaskan maksud dan tujuan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah “memberikan pemahaman yg sama tentang KUR serta dapat membantu permodalan dan memperluas KUR bagi UMKM di Kabupaten Nias Barat. Kemudian menyampaikan informasi termasuk persyaratan kepada pengusaha/masyarakat bahwa dengan adanya program KUR dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya”, papar Rosedi Daeli (Kabag ADEKON).

Wakil Bupati Nias Barat Bapak KHENOKI WARUWU dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah yang memberi kemudahan bagi UMKM untuk memperkuat usahanya melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak diberbagai sektor, ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup katakan bahwa usaha mikro dan kecil di Indonesia memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Sebagian besar perusahaan di Indonesia merupakan usaha mikro dan kecil yang mampu menyumbang pendapatan domestik bruto dan menyerap tenaga kerja; namun demikian usaha mikro dan kecil sering menghadapi berbagai kendala, diantaranya kurangnya informasi maupun akses untuk memperoleh kredit/pembiayaan yang dapat membantu tumbuh-kembangnya usaha rakyat/masyarakat, papar Wabup.

Masih Wabup; seiring dengan dunia bisnis yang semakin berkembang, tidak hanya usaha-usaha besar yang semakin berkembang; namun usaha mikro dan kecil-pun ikut berkembang saat ini; dengan adanya pinjaman KUR yang dikeluarkan oleh BANK, masyarakat dapat membangun atau memulai usahanya; artinya masyarakat tidak perlu takut untuk memulai sesuatu usaha berhubung sudah ada akses modal melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), himbau Wabup.

Diakhir arahannya Wakil Bupati mengatakan kepada OPD terkait diharapkan setelah sosialisasi ini, senantiasa melakukan monitoring dan evaluasi agar pelaksanaan KUR ini terarah dan bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat, tandas Wabup mengakhiri.

Kegiatan sosialisasi KUR ini dihadiri oleh Otoritas Jasa Kredit (OJK) Regional Medan sekaligus sebagai Narasumber, Kepala Capem Bank Sumut (Narasumber) dan Kepala BRI Unit Mandrehe-Nias Barat (Narasumber) serta moderator Kepala Bagian ADEKON Rosedi Daeli, SE.,MM.

Peserta sosialisasi KUR ini ialah para pelaku usaha UMKM, Camat se-Kab. Nias Barat dan pimpinan OPD lingkup Pemkab. Nias Barat.

Reporter : sabar

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA