oleh

Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Belum Usai

KENDAL, BrataPos.com – Peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2019 sudah hampir 2 pekan berlalu. Namun antusias warga dalam menyambutnya masih saja berlangsung.

Seperti masyarakat Desa Cepiring, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, memeriahkannya dengan menggelar berbagai acara. Sebagai puncak penyambutannya, warga Desa Cepiring menggelar karnaval yang berlangsung sangat meriah, Minggu (25/8/2019).

Karnaval diikuti oleh 25 kontingan yang terdiri dari pelajar, komunitas pemuda, ormas dan warga setempat. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan grup drum band dari beberapa Sekolah Dasar.

Terik matahari bukanlah halangan yang berarti. Peserta karnaval yang mengenakan pakaian beraneka kreasi tampak tetap bersemangat.

Terlihat pula anak-anak balita yang diajak oleh orangtuanya, mengikuti arak-arakan dengan menyusuri jalanan kurang lebih sepanjang 4 km.

Sementara itu, salah seorang penonton, Nia (22 tahun) warga Desa Kalirejo Kecamatan Cepiring, yang sengaja datang untuk melihat karnaval, mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan kemeriahan yang terjadi.
Saat ditanya, apa yang harus dilakukan oleh generasi muda saat ini untuk mengisi kemerdekaan?

“Untuk mengisi kemerdekaan, generasi muda saat ini harus melakukan hal-hal yang positif. Jangan terjeremus dalam penyalahgunaan narkotika dan obat-ibatan terlarang serta jangan pula terperangkap dalam pergaulan bebas. Karena semuanya itu akan sangat merugikan dirinya sendiri,” jawab Nia yang beroaras cantik.

PicsArt_08-26-12.03.10

Secara terpisah, Kades Cepiring mengatakan bahwa perlunya mengenalkan sejarah bangsa Indonesia dalam perjuangannya untuk meraih kemerdekaan kepada anak-anak sejak dini.

“Di era sekarang ini dimana kemajuan teknologi komunikasi sangat cepat, pengenalan sejarah bangsa Indonesia kepada anak-anak sangatlah penting. Jangan sampai mereka buta akan sejarah bangsanya,” tegasnya.

Reporter : Nardi CakWer/adp

Editor/Publisher : jml