oleh

Peringatan Agustusan di Kecamatan Jangkar Begitu Meriah

SITUBONDO, BrataPos.com – Semarak memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -74 begitu terasa di berbagai daerah. Begitu pula di Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Momen peringatan Agustusan memang cukup dinanti oleh warga Jangkar. Pasalnya, selain sebagai ajang wujud perhatian dan penghargaan terhadap kemerdekaan Indonesia. Peringatan Agustusan juga sebagai sarana hiburan dan silaturahmi antar warga dan pemerintah.

Di Kecamatan Jangkar sendiri, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan dengan menggelar upacara bendera dan berbagai perlombaan. Diantaranya gerak jalan, pawai budaya dan sebagainya. Puncak Agustusan nanti akan digelar pada 31 Agustus yang merupakan resepsi di Pendopo Kecamatan Jangkar.

Menurut Camat Jangkar, H. Sutrisno, peringatan kemerdekaan sudah menjadi momen tahunan yang telah menjadi kegiatan rutin di setiap tempat. Termasuk di Kecamatan Jangkar yang dipimpinnya.

“Agustusan ini kan memang acara rutin. Namun demikian peringatan kemerdekaan ini satu momen yang sangat sakral. Karena kita dapat belajar dan mengerti sejarah bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Ini merupakan pembelajaran bagi kita semua, karena kita yang hidup di jaman merdeka ini agar bagaimana dapat mengisi kemerdekaan dengan cara yang baik,” ujar Camat Sutrisno membuka pembicaraan dengan Brata Pos, Minggu (25/8/2019).

Lebih lanjut Sutrisno mengatakan, untuk kegiatan peringatan kemerdekaan di Kecamatan Jangkar diupayakan selalu melibatkan semua steak holder yang ada. Selain itu dalam berbagai kegiatan Agustusan, masyarakat kata Sutrisno juga dilibatkan.

“Momen peringatan kemerdekaan ini kan milik kita semua, milik seluruh lapisan masyarakat. Jadi keterlibatan kita semua baik pemerintah, masyarakat itu sangat penting. Karena selain memperingati kemerdekaan, tali silaturahmi kita juga semakin erat,” terangnya.

IMG-20190825-WA0060

Dengan semangat kebersamaan, lanjut Sutrisno diharapkan jalinan persaudaraan antar pemerintah dengan rakyat dapat berjalan dengan baik. Pun demikian jalinan antar pemerintah di masing-masing instansi yang ada di Kecamatan Jangkar juga akan semakin baik. Momen peringatan kemerdekaan ini merupakan salah satu perekat itu semua.

“Diantara kami baik dinas dan instansi yang ada di Kecamatan Jangkar memang sudah terjalin kebersamaan yang cukup erat. Demikian juga jalinan kekeluargaan dengan masyarakat juga sudah terbina. Nah dengan momen Agustusan ini jalinan kebersamaan dan persaudaraan akan semakin erat diantara kita,” jlentreh Sutrisno.

Diakhir perbincangan Sutrisno mengatakan tema yang di dengungkan pada HUT Kemerdekaan Republik indonesia ke – 74 tahun 2019 adalah ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ juga menjadikan semangat bagi pihak kecamatan untuk semakin memajukan Kecamatan Jangkar ke arah yang lebih baik.

“Sesuai tema HUT RI tahun ini, kita bertekat agar Kecamatan Jangkar ini semakin maju dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Reporter : Dayat

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA