oleh

Hingar Bingar Aksi Konvoi, Warnai Pelantikan Anggota DPRD Situbondo

Situbondo , Bratapos.com – Prosesi pelantikan anggota DPRD Kabupaten Situbondo Periode 2019 – 2024 yang digelar pada Rabu (21/8/2019) diwarnai konvoi para pendukung dan simpatisan para anngota dewan baru.

Sejak pagi sebelum pelaksanaan pelantikan dilakukan, para pendukung dan simpatisan itu sudah berdatangan di seputaran Gedung DPRD Kabupaten Situbondo. Mereka datang dari berbagai kecamatan melakukan konvoi menggunakan kendaraan roda dua, pick up maupun truck dengan atribut bendera partai masing-masing.

Karuan saja situasi lalulintas di Kota Santri cukup terganggu dengan kondisi ini. Namun meski mereka melakukan konvoi, mereka dapat menjaga keamanan dan ketertiban sepanjang jalan yang dilalui.

IMG-20190822-WA0081

” Yah agak terganggu sih mas, mau bagaimana lagi, yang penting mereka tetap tertib dan dapat menjaga situasi tetap kondusif. Pemilu kan sudah usai, antar pendukung memang harus saling menjaga agar situasi aman, “kata Burhan warga Kota Situbondo.

Sementara itu suasana pelantikan di gedung dewan berjalan cukup khidmat. Terlihat angota dewan baru tersenyum sumringah didampingi pasangan masing-masing. Selain ada muka baru, banyak juga muka lama para anggota dewan ini dilantik dan diambil sumpahnya.

Ada 45 anggota DPRD Kabupaten Situbondo yang dikukuhkan. 45 anggota dewan baru itu berasal dari PKB 13 orang, kemudian 9 orang dari PPP, Partai Gerindra 6 orang, Partai Demokrat 5 orang, Partai Golkar 5 orang, PDIP 4 orang dan 2 orang PKS serta 1 orang Partai Hanura.

Terpilih sebagai Ketua DPRD Sementara adalah Edy Wahyudi perwakilan PKB sebagai partai pemenang. Tugas Edy Wahyudi yang juga mantan wartawan sebagai Ketua sementara adalah bersifat sementara. Misalnya menghantar terbentuknya fraksi atau terpilihnya ketua secara definitif.

” Tugas sebagai Ketua sementara antara lain, memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi dan memfasilitasi pembentukan tatib serta memfasilitasi pemilihan ketua secara difinitif, “terang Edy Wahyudi.

Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono mengatakan, pengamanan acara pelantikan dilakukan pihak Polres Situbondo secara maksimal agar acara berjalan aman dan lancar. Petugas dilengkapi dengan alat canggih metal detector.

” Untuk di dalam gedung, kita turunkan 50 personil baik yang berseragam atau tidak. Sedangkan diluar gedung kita tempatkan petugas di titik strategis, “ujar Kapolres AKBP Awan Hariono.

Namun pelantikan kali ini diwarnai insiden protes dari awak media, sebab acara hanya boleh diliput 10 media saja. Tidak ada konfirmasi dari panitia terkait pembatasan peliputan tersebut.

Reporter : Rifai

Editor / Publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA