oleh

Pelaku Pemerasan Terhadap Pelajar di Malang Berhasil Dibekuk Polisi

Malang , Bratapos.com – Kemeriahan Hari Kemerdekaan ke 74  membuat aparat kepolisian tetap waspada terhadap pelaku tindak kejahatan. Yang terbaru, pada hari sabtu tanggal 17/8/2019 pukul 10.30 Wib Unit Reskrim Polsek Singosari Polres Malang berhasil menangkap seorang laki-laki yang mengaku bernama Abdul Holiq. Pelaku diduga telah melakukan perbuatan tindak pidana  pemerasan dan ancaman. Warga jalan Muharto Gg.VIII, RT.02,RW.08,Jodipan,Kecamatan Blimbing Kota Malang, diringkus Polisi saat beraksi.

Awalnya, pada hari selasa tanggal 6/8/2019 pukul 09.00 wib telah terjadi perampasan HP di jalan Kauman Pagentan Singosari Kabupaten Malang. Kejadian perampasan tersebut berlanjut berturut turut terjadi lagi pada tanggal 7/8/2019, dan tanggal 14/8/2019, di wilayah hukum Polsek Singosari. Modunya operandinya sama.

“Berdasarkan kejadian tersebut, Unit Reskrim melakukan Penyelidikan berdasarkan ciri-ciri pelaku. Selain itu, Polisi melakukan penyelidikan melalui IT dengan cara melacak nomer HP milik korban yang diambil oleh pelaku. Dari hasil penyelidikan tersebut, Petugas unit Reskrim telah mendapatkan dan mencurigai seorang yang diduga sebagai pelaku,” ujar Kasubag Humas Polres Malang AKP, Ainun Jariyah,SH. Minggu,18/8/2019.

Masih kata dia, setelah mendapati ciri ciri tersebut, petugas memantau, membuntuti, gerak pelaku yang sedang mencari sasaran korban lain. Selanjutnya pada hari sabtu tanggal 17/8/2019,pukul 08.30 wib, pelaku sedang berada di sekitar jalan Tumapel Singosari dengan tujuan mencari sasaran korban lain. Saat pelaku telah menemukan sasaran dengan cara menghampiri dua anak pelajar. Kemudian dua anak pelajar tersebut diajak ditempat yang sepi pinggir sungai di jalan Tumapel. Selanjutnya pelaku meminta dan merampas 2  hand phone milik korban . Dengan sigap, petugas langsung melakukan penangkapan.

“Pelaku melakukan perbuatannya dengan cara  menemui korban yang rata-rata masih Pelajar SMP, SMA. Pelaku langsung menuduh korban telah berkelahi dengan keponakannya, yang selanjutnya pelaku membawa korban di tempat sepi. Setelah itu, barang milik korban berupa HP diambil dengan ancaman apabila tidak diserahkan akan dihabisi. Selanjutnya korban merasa takut dan HP diserahkan. Kemudian pelaku kabur meninggalkan korban dengan membawa barang-barang milik korban,”tambah Kasubag Humas.

Dari hasil pengembangan pemeriksaan tersangka, lanjut Ainun, pelaku telah mengakui melakukan tindak pidana yang sama di Wilayah Hukum Polres Malang Kota dan Polres Batu.Tersangka merupakan Residivis dan sudah dua kali ditahan, keluar dari Lembaga Pemasyarakatan terakhir pada sekitar bulan Mei 2015.

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas berupa:

1. 1 unit kendaraan
sepeda motor Honda
Revo, Nopol N-2832
-CB, warna abu abu
kombinasi merah.
2. 1 unit HP merk
Samsung Galaxi J7
prime warna selver.
3. 1 unit HP merk
Samsung type J.1 Ace
warna hitam.
4. 1 unit hand phone
merk Huawei warna
Silver.
5. 2 buah sim card.
6. 2 buah kartu memory.
7. 6 lembar Nota
Penjualan.
8. 1 buah ATM BCA
warna silver.
9. 1 buah ATM BRI warna
hijau

Kini pelaku dan barang bukti diamankan di Polsek Singosari. Pelaku bakal.disangkakan dengan pasal 368 KUHP.

Reporter : Ard

Editor / Publisher : zai