oleh

Kirap Merah Putih Membangkitkan Jiwa Nasionalisme

Last updated: Minggu, 18 Agustus 2019, 12:01 WIB

SURABAYA, Bratapos.com – Kirab Bendera sangsaka merah putih, menandai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Kirap dimulai dari Balai pemuda dan berakhir ditugu pahlawan ini merupakan gagasan dari Organisasi bela rakyat KBRSP (Keluarga Besar Rakyat Surabaya Perjuangan) yang didukung semua organisasi yang ada di Surabaya bahkan luar dari kota Surabaya turut hadir mengikuti jalannya kirap sampai selesai. Sabtu (17/08/2019).

Selain kirab Ini mengandung makna Merah Putih Untuk Indonesia, Organisasi bela rakyat Surabaya  juga ingin menggugah jiwa Nasionalis rakyat Indonesia kususnya warga Surabaya, agar warga Surabaya tidak lupa akan perjuangan pahlawan pahlawan yang membelah bansa Indonesia untuk meraih Kemerdekaan.

Selain itu juga Organisasi bela rakyat KBRSP juga melakukan sosialisasi sadar diri mengibarkan bendera sang saka Merah Putih saat hari kemerdekaan dan juga hari pahlawan.
Sosialisasi dilakukan pada saat kirap dalam perjalanan menujuh tuguh pahlawan dengan cara memberi bendera Merah Putih pada rumah dan pertokohan yang belum di pasang bendera Merah Putih.
Setelah sampai di lokasi tugu pahlawan para pengikut kirap merapatkan barisan untuk melaksanakan upacara bendera peringatan hari kemerdekaan  Republik Indonesia yang ke 74 tahun, upacara bendera yang di pimpin oleh inspektur upacara Kasat Pol PP  Jawa Timur Budi Santosa dan pembina upacara Yanto KKO.

Pada kesempatan tersebut Kasat Pol PP Jawa Timur Budi Santisa mengatakan,  acara ini sangat bagus, untuk membangkitkan jiwa nasionalisme masyarakat Surabaya khususnya dan sesuai dengan misi gubernur kita (Khofifa Indar Parawansa) membentuk demokrasi kewarganegaraan, merangkul semua elemen masyarakat termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk memyelesaikan konflik yang mengarah ke Bhinekaan,  salah satunya adalah KBRSP., katanya.

Pesan saya untuk semua elemen masyarakat agar menciptakan Independensi dan Nasionalisme,  pesannya setelah upacara selesai.

Dalam hal ini humas dari Lembaga Swadaya Masyarakat KBRSP Pratomo menjelaskan acara kirap ini sengaja kami buat yang bertujuhan untuk meningkatkan jiwa nasinalis masyarakat surabaya dan saya mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang mendukung dan juga hadir mengikuti upacara bendera dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia, katanya.

Kami berharap momen ini jadi efaluasi untuk tahun depan menjadi lebih baik,  pesannya.

Reporter : sbd

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA